ANALISIS BENTUK POLA, MAKNA, FUNGSI DAN KEDUDUKAN ISIM FA’IL DALAM QS. AL- ANFAL SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN ILMU SARAF

Ihsan Irfandi, NIM.: 19104020003 (2023) ANALISIS BENTUK POLA, MAKNA, FUNGSI DAN KEDUDUKAN ISIM FA’IL DALAM QS. AL- ANFAL SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN ILMU SARAF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BENTUK POLA, MAKNA, FUNGSI DAN KEDUDUKAN ISIM FĀ’IL DALAM QS. AL- ANFĀL SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN ILMU ṢARAF)
19104020003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BENTUK POLA, MAKNA, FUNGSI DAN KEDUDUKAN ISIM FĀ’IL DALAM QS. AL- ANFĀL SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN ILMU ṢARAF)
19104020003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Isim fā‟il sebagai salah satu dari hasil perubahan bentuk kata dalam bahasa Arab memang memiliki bentuk pola yang beragam, hal ini menjadi alasan banyak para pembelajar bahasa Arab merasa sulit mengaplikasikannya dalam sebuah kalimat. Mereka kesulitan untuk menentukan pola yang tepat dari isim fā‟il dan terkadang tertukar dengan wazan yang lain. Kesalahan dalam penggunaan isim fā‟il juga akan berdampak pada kesalahan makna yang terkandung di dalamnya dan berakibat adanya kesalahpahaman dengan makna yang diinginkan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan isim fā‟il yang terdapat dalam sūrah al-Anfāl dan menawarkan metode pengajaran yang tepat untuk mempelajari isim fā‟il tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Objek penelitian ini adalah isim fā‟il yang terdapat dalam sūrah al-Anfāl. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah al-Qurán sūrah al-Anfāl dan kitab i‟rab Al-Qur‟ān al-Karim wa Bayanuhu serta buku-buku yang berkaitan dengan bahasa Arab sebagai sumber data pendukung. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi dan observasi. Adupun teknik analisis data yang digunakan bersifat induktif, dimulai dari mereduksi data lalu penyajian data dan kemudian dihasilkan sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Macam-macam wazan isim fā‟il yang terdapat dalam sūrah al-Anfāl ada 6 macam wazan dan jumlah keseluruhan bentuk isim fā‟il sebanyak 35 yang terdiri dari 14 فَبػِ وٌ , 15 فٍُْؼِ وٌ , 2 فٍَُؼِّ وٌ , 2 زٍَُفَؼِّ وٌ , 1 فٍُْزَؼِ وٌ , 1 فٍَُبػِ وٌ . Di antara isim fā‟il tersebut ada yang dapat beramal sebagaimana amal fi‟ilnya dan ada yang tidak beramal. (2) Penggunaan metode induktif diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam memahami faedah, jenis, dan makna yang terkandung dalam isim fā‟il yang beragam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Isim Fa'il , Surah al- Anfal, Metode Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2023 11:13
Last Modified: 04 Jul 2023 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59470

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum