PEMBIASAAN PEMBACAAN ZIKIR NAZAM AL-ASMA’ AL-HUSNA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MIS AL-ISLAM TEMPEL TAHUN AJARAN 2022/2023

Jauhari Ramadhani, NIM.: 19104010111 (2023) PEMBIASAAN PEMBACAAN ZIKIR NAZAM AL-ASMA’ AL-HUSNA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MIS AL-ISLAM TEMPEL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBIASAAN PEMBACAAN ZIKIR NAẒĀM AL-ASMĀ’ AL-ḤUSNĀ DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MIS AL-ISLAM TEMPEL TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBIASAAN PEMBACAAN ZIKIR NAẒĀM AL-ASMĀ’ AL-ḤUSNĀ DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MIS AL-ISLAM TEMPEL TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah MIS Al-Islam Tempel merupakan sekolah dengan budaya yang mengedepankan penerapan akhlak mulia pada kesehariannya. Terdapat program keseharian di MIS Al-Islam Tempel yaitu Peserta didik membaca bersama-sama di lapangan pukul 07.00 WIB. Berdasarkan observasi selama kurang lebih tiga bulan ketika pelaksanaan PLP-KKN Integratif, masih terdapat peserta didik yang belum mengamalkan akhlak mulia, baik dari aspek akhlak kepada teman, orang yang lebih tua bahkan kepada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji implikasi antara pembiasaan pembacaan zikir naẓām al-asmā’ al-ḥusnā dengan pembentukan karakter religius peserta didik MIS Al-Islam Tempel. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan dengan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) proses Kegiatan pembacaan zikir naẓām al-asmā’ al-ḥusnā dimulai setiap harinya pada pukul 07.00 WIB. Pada kegiatan pembacaan zikir naẓām al-asmā’ al-ḥusnā, setiap kelas diberikan kesempatan untuk menjadi petugas pemimpin zikir naẓām al-asmā’ al-ḥusnā. Kelas yang bertugas memiliki tugas untuk memulai pembacaan zikir naẓām al-asmā’ al-ḥusnā dan memandu pembacaannya. 2) Implikasi dari pembacaan zikir Naẓām Al-Asmā’ Al-Ḥusnā terhadap pembentukan karakter peserta didik ialah terbentuknya karakter ikhlas, percaya diri, berbakti kepada kedua orang tua, malu ketika berbuat salah, mentaati peraturan, sopan, bersemangat, dan sabar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nazam Al-Asma’ Al-Ḥusna; Pembentukan Karakter Religius; Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jul 2023 13:43
Last Modified: 04 Jul 2023 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59480

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum