IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUFRADAT MENGGUNAKAN SYAIR ARAB MAKNA JAWA SANTRI KELAS SATU MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HIDAYAH KALIWADER, BENER, PURWOREJO

Rifngatul Mutoharoh, NIM.: 19104020046 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUFRADAT MENGGUNAKAN SYAIR ARAB MAKNA JAWA SANTRI KELAS SATU MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HIDAYAH KALIWADER, BENER, PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUFRADAT MENGGUNAKAN SYAIR ARAB MAKNA JAWA SANTRI KELAS SATU MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HIDAYAH KALIWADER, BENER, PURWOREJO)
19104020046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUFRADAT MENGGUNAKAN SYAIR ARAB MAKNA JAWA SANTRI KELAS SATU MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HIDAYAH KALIWADER, BENER, PURWOREJO)
19104020046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran mufrada>t menggunakan kitab syair Arab makna Jawa di kelas satu Madrasah Diniyah Miftah}ul Hidayah Kaliwader, Bener, Purworejo dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam penerapannya. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya Madrasah Diniyah Miftah}ul Hidayah sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian lapangan, di mana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data yang nyata dan akurat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran mufrada>t menggunakan kitab syair Arab makna Jawa di Madrasah Diniyah Miftah}ul Hidayah bertujuan untuk memperkenalkan mufradat baru kepada siswa serta melatih siswa untuk dapat melafalkan serta menuliskan mufrada>t dengan baik dan benar; materi atau bahan ajar yang digunakan adalah kitab syair Arab makna Jawa atau yang biasa dikenal dengan kitab ra’sun sirah; metode yang digunakan adalah metode syair/menyanyi; media yang digunakan adalah kitab syair Arab makna Jawa yang sekaligus digunakan sebagai materi atau bahan ajar, beserta fasilitas kelas seperti papan tulis, kapur, dan penghapus; serta kegiatan evaluasi yang digunakan yaitu tes formatif berupa tes hafalan dan tes sumatif yang berupa tes tertulis yang dilaksanakan pada setiap akhir semester. Adapun kelebihan penggunaan kitab syair Arab makna Jawa di kelas satu Madrasah Diniyah Miftah}ul Hidayah yaitu 1) simpel dan praktis, 2) bahasa yang digunakan mudah dipahami, 3) antusiasme peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Adapun kekurangannya yaitu 1) materi yang disajikan masih campur aduk, 2) beberapa siswa belum mahir membaca tulisan Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Mufradat, Syair
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jul 2023 09:32
Last Modified: 07 Aug 2023 14:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum