PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS STEAM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII

Muhammad Nauval Muwaffiq, NIM.: 19104040002 (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS STEAM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS STEAM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII)
19104040002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS STEAM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII)
19104040002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (e-LKPD) berbasis Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics (STEAM) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif pada materi bangun ruang sisi datar untuk peserta didik kelas VII. Tujuan akhirnya adalah untuk menghasilkan sebuah e-LKPD berbasis STEAM pada materi bangun ruang sisi datar yang layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang menggunakan model pengembangan 4-D, model ini dipilih karena memiliki detail pengembangan yang rinci dan sistematis Tahap-tahap pengembangan pada penelitian ini meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebarluasan (disseminate). Instrumen yang digunakan meliputi lembar skala penilaian e-LKPD, lembar skala respon peserta didik, dan lembar soal penilaian akhir materi untuk menentukan kelayakan e-LKPD berupa kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa 1) e-LKPD berbasis STEAM untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif pada materi bangun ruang sisi datar untuk peserta didik kelas VII berhasil dikembangkan melalui empat tahapan pengembangan model 4-D; 2) e-LKPD yang dikembangkan mendapatkan kualitas penilaian sangat baik dan mendapatkan hasil penilaian skor ahli materi sebesar 82% dan ahli media sebesar 86%. Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan e-LKPD ini juga mendapatkan kategori positif dengan nilai rata-rata 62,25 dan presentase keidealan pada kategori baik dengan skor 76,25%. Pada uji coba lapangan didapatkan 21 dari 32 peserta didik sampel atau sekitar 65,63% yang mendapatkan nilai melebihi KKM. Hal ini mengindikasikan bahwa produk e-LKPD yang dikembangkan dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Iqbal Ramadani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD), STEAM, Berpikir Kreatif
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jul 2023 15:23
Last Modified: 12 Jul 2023 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59495

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum