PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA

Zahrina Salsabila, NIM.: 19104040011 (2023) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA)
19104040011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNAGRAHITA)
19104040011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika materi perbandingan senilai dan berbalik nilai terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa tunagrahita. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B. Variabel bebas penelitian ini adalah pendekatan kontekstual, sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep siswa tunagrahita. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas VII SMPN 15 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan melalui wawancara dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Analisis dalam kondisi meliputi komponen panjang kondisi, estimasi kecenderungan arah (estimate of trend direction), kecenderungan stabilitas (trend stability), jejak data (data path), tingkat stabilitas dan rentang (level stability and range), dan perubahan level (level change). Sedangkan analisis antar kondisi meliputi komponen jumlah variabel yang diubah, perubahan kecenderungan arah dan efeknya, perubahan stabilitas, perubahan level (level change), dan tumpang tindih (overlap). Penyajian hasil penelitian menggunakan tabel dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika materi perbandingan senilai dan berbalik nilai untuk siswa tunagrahita dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa tunagrahita. Hal ini ditunjukkan pada hasil rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep pada fase baseline diperoleh nilai 32,5 sedangkan nilai rata-rata fase Intervensi diperoleh nilai 95. Hal tersebut juga didukung dengan perubahan arah yang semakin membaik serta persentase sebesar 0% untuk data yang overlap. Jadi, pendekatan kontekstual mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa tunagrahita pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dian Permatasari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Single Subject Research (SSR), Kemampuan Pemahaman Konsep, Siswa Tunagrahita, Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jul 2023 15:23
Last Modified: 12 Jul 2023 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59496

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum