EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING SETTING NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP SAINS WAHID HASYIM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEPERCAYAAN DIRI

Halimatus Sadiyah, NIM.: 19104040016 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING SETTING NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP SAINS WAHID HASYIM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEPERCAYAAN DIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING SETTING NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP SAINS WAHID HASYIM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEPERCAYAAN DIRI)
19104040016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING SETTING NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP SAINS WAHID HASYIM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEPERCAYAAN DIRI)
19104040016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem posing setting number head together pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Sains Wahid Hasyim terhadap kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen.dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pada desain penelitian ini, sampel nya dipilih random kemudian dilakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal dan posttest untuk mengetahui kemampuan akhir. Variabel bebas dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran problem posing setting NHT dan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP, lembar kerja peserta didik, soal pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis, dan angket kepercayaan diri peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji-t untuk kemampuan berpikir kritis dan uji Mann-Whitney untuk kepercayaan diri peserta didik. Hasil penelitan didapatkan bahwa model pembelajaran problem posing setting NHT lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Sains Wahid Hasyim. Dalam hal ini dapat dilihat dari data nilai pretest kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak adanya perbedaan rata-rata yang signifikan. Kemudian dilihat nilai sig. postest berpikir kritis 0,021 dan nilai sig. posttest kepercayaan diri 0,002 < 0,05 maka model pembelajaran problem posing setting NHT lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir krtitis dan kepercayaan diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nidya Ferry Wulandari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Posing Setting NHT, Kemampuan Berpikir Kritis, Kepercayaan Diri
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jul 2023 15:23
Last Modified: 12 Jul 2023 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59498

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum