IMPLEMENTASI METODE SARISWARA KI HADJAR DEWANTARA DALAM KONTEKS PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B RA MASYITHOH PATUK GUNUNGKIDUL

Helda Rismiyati Setyaningrum, NIM.: 19104030014 (2023) IMPLEMENTASI METODE SARISWARA KI HADJAR DEWANTARA DALAM KONTEKS PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B RA MASYITHOH PATUK GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE SARISWARA KI HADJAR DEWANTARA DALAM KONTEKS PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B RA MASYITHOH PATUK GUNUNGKIDUL)
19104030014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE SARISWARA KI HADJAR DEWANTARA DALAM KONTEKS PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B RA MASYITHOH PATUK GUNUNGKIDUL)
19104030014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Metode Sariswara oleh Ki Hadjar Dewantara, merupakan metode Sariswara metode yang menggabungkan pelajaran-pelajaran lagu, sastra dan cerita sehingga bergabunglah pendidikan rasa, pikiran dan budi pekerti. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan implementasi metode Sariswara Ki Hadjar Dewantara dalam mengembangkan moral anak usia dini di kelompok B EA Masyithoh Patuk Gunungkidul; (2) mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan metode Sariswara Ki Hadjar Dewantara untuk mengembangkan moral anak kelompok B RA Masyithoh Patuk Gunungkidul. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai Februari 2023 yang bertempat di RA Masyithoh Patuk Gunungkidul. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelompok B, Orang tua siswa kelompok B, dan anak kelas B RA Masyithoh Patuk Gunungkidul. Dengan cara pengumpulan data observasi, wawancara terstruktur, dan metode dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan temuan dengan credibility dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan: (1) Implementasi metode Sariswara di RA Masyithoh Patuk Gunungkidul, metode ini diimplementasikan pada dolanan anak dimana dalam dolanan anak ini sudah di susun dalam RPPH dan dilaksanakan dalam 2 minggu sekali. Dalam dolanan anak permainan yang dipermainkan adalah permainan Jamuran, Cublak-cublak Suweng, dan Ular naga, dari permainan-permainan tersebut mengandung nilai moral dengan tujuan anak taat dalam aturan sehingga akan menjadikan anak yang berprilaku jujur, sopan, hormat, sportif serta anak menjaga lisan dan perbuatannya; (2) Faktor pendukung dalam implementasi metode Sariswara untuk meningkatkan perkembangan moral anak adalah penguasaan materi pendidik, kesiapan pendidik dan semangat dari perserta didik. Adapun faktor penghambatnya adalah emosi anak dan media pembelajaran kurang memadahi untuk pembelajaran. Implementasi metode Sariswara Ki Hadjar Dewantara yang di terapkan pada dolanan anak dapat untuk memulihkan degradasi moral pada anak RA Masyithoh Patuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Bahtiar Arbi, S. Pd., M. Pd
Uncontrolled Keywords: metode sariswara; Ki Hadjar Dewantara; perkembangan moral anak; anak usia dini; RA Masyithoh Patuk
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:44
Last Modified: 13 Oct 2023 13:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59503

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum