PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 KEJOBONG

Sri Ayuningsih, NIM.: 19104060007 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 KEJOBONG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 KEJOBONG)
19104060007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 KEJOBONG)
19104060007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini masih banyak siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa rendah pada pelajaran kimia terutama materi larutan penyangga. Hal itu disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih terpusat pada guru, di mana siswa pasif dan hanya diberikan materi serta diarahkan untuk menghafal materi tanpa kesempatan untuk membangun pengetahuannya sendiri. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk melakukan penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi larutan penyangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kejobong. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design atau eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – April 2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari tiga kelas XI MIPA yang berjumlah 101 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen berupa angket kemampuan berpikir kritis dan soal pilihan ganda materi larutan penyangga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dalam pembelajaran materi larutan penyangga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam membangun pengetahuan mereka sendiri, sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen sebesar 58,32 dan kelas kontrol sebesar 55,29. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen sebesar 84,77 dan kelas kontrol sebesar 79,53. Kesimpulan dari hasil dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kejobong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:30
Last Modified: 05 Jul 2023 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59509

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum