PENGEMBANGAN E-LABORATORY INSTRUCTION BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

Nurani Haningrum, NIM.: 19104060030 (2023) PENGEMBANGAN E-LABORATORY INSTRUCTION BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-LABORATORY INSTRUCTION BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATERI TITRASI ASAM BASA)
19104060030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-LABORATORY INSTRUCTION BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATERI TITRASI ASAM BASA)
19104060030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa adalah penggunaan media pembelajaran yang mengikuti perkembangan teknologi. Sementara itu, masih banyak ditemukan guru yang belum memanfaatkan pesatnya teknologi dan masih menggunakan media pembelajaran konvensional. Terbatasnya fasilitas yang ada di laboratorium sekolah juga bisa menjadi salah satu faktor kurangnya motivasi belajar siswa. Di sisi lain, materi titrasi asam merupakan salah satu materi abstrak dan sulit yang membutuhkan pembelajaran praktikum di laboratorium. Oleh karena itu, dibutuhkan penjelasan lebih detail terkait proses pelaksanaan praktikum di laboratorium. Salah satu media pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi adalah E-Laboratory Instruction. E-Laboratory Instruction merupakan media pembelajaran penuntun praktikum yang meningkatkan pemahaman siswa terkait proses praktikum materi titrasi asam basa di laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik, kualitas, dan respon siswa terhadap media pembelajaran E-Laboratory Instruction berbasis Inquiry Learning pada materi titrasi asam basa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA N 1 Panggang. Validasi penilaian menggunakan skala Likert 1-5. Analisis angket respon siswa menggunakan skala Guttman 0-1. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket.Teknik Analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diantaranya E-Laboratory Instruction memiliki karakteristik sebagai media pembelajaran penuntun praktikum yang mengikuti perkembangan teknologi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Di samping itu, kualitas E-Laboratory Instruction berdasarkan penilaian ahli dikategorikan sangat baik dengan nilai mencapai 94,67% dari ahli media, sebesar 86,67% dari ahli materi, dan 94% dari pendidik (guru kimia). Hasil uji lapangan menunjukkan 100% siswa menilai kualitas E-Laboratory Instruction termasuk kategori tinggi. Respon yang ditunjukkan siswa terhadap media pembelajaran E-Laboratory Instruction sangat positif dilihat dari antusiasme siswa dan hasil angket yang menyatakan tingkat kepuasan keseluruhan siswa terhadap kualitas E-Laboratory Instruction tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Setia Rahmawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: E-Laboratory Instruction, Inquiry Learning, Titrasi Asam Basa.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:32
Last Modified: 05 Jul 2023 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59510

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum