PENGEMBANGAN GAME BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI TATANAMA SENYAWA KIMIA

Zafira Mu’awana Azhara, NIM.: 19104060038 (2023) PENGEMBANGAN GAME BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI TATANAMA SENYAWA KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN GAME BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI TATANAMA SENYAWA KIMIA)
19104060038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN GAME BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI TATANAMA SENYAWA KIMIA)
19104060038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi semakin berkembang pesat, salah satunya teknologi berbasis android yaitu Game . Akan tetapi , banyak aplikasi dalam bentuk game yang kurang mendidik bagi kalangan siswa. Tatanama senyawa kimia merupakan salah satu materi yang membutuhkan banyak pengulangan dan latihan agar siswa dapat memahami materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan Game berbasis android dengan pendekatan STEM pada materi tatanama senyawa kimia serta menganalisis kualitas produk berdasarkan validasi ahli materi dan media, berdasarkan penilaian reviewer (pendidik kimia SMA/MA), dan respon peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) yang dilakukan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian pengembangan ditinjau oleh dosen pembimbing dan empat peer reviewer, kemudian di validasi oleh satu ahli materi dan satu ahli media. Kualitas media di nilai oleh lima reviewer (pendidik SMA/MA) dan direspon oleh 10 peserta didik SMA/MA. Validasi dan penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk hasil akhir pengembangan game berbasis android dengan pendekatan STEM pada materi tatanama senyawa kimia berupa aplikasi Android yang dapat di download menggunakan smartphone. Hasil validasi media pembelajaran game berbasis android dengan pendekatan STEM pada materi tatanama senyawa kimia dari dosen ahli materi memperoleh presentase 90% termasuk kategori Sangat Baik (SB). Hasil validasi oleh ahli media memiliki presentase sebesar 91,6% dengan kategori Sangat Baik (SB). Hasil penilaian dari lima reviewer (pendidik kimia SMA/MA) memperoleh presentase 87% dan termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB). Hasil respon 10 peserta didik SMA terhadap produk yaitu 94% dan termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Berdasarkan hal tersebut, media pengembangan game berbasis android dengan pendekatan STEM pada materi Tatanama Senyawa Kimia layak digunakan sebagai media pembelajaran disekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Game Android, STEM, Tatanama Senyawa Kimia
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:37
Last Modified: 05 Jul 2023 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59512

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum