PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KERJASAMA PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS

Vivin Fasihatul Harfiah, NIM.: 19104060044 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KERJASAMA PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KERJASAMA PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS)
19104060044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KERJASAMA PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS)
19104060044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan kognitif peserta didik yang ditunjukkan melalui pemahaman peserta didik yang kurang maksimal serta adanya miskonsepsi terkait materi kimia maupun metode pembelajaran yang diberikan oleh guru. Selain itu guru kurang melibatkan peran aktif peserta didik sehingga tingkat kerjasama peserta didik dengan temannya masih rendah. Adapun penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh metode Focus Group Discussion terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada materi redoks.2) Mengetahui pengaruh metode Focus Group Discussion terhadap ketermpilan kerjasama peserta didik pada materi redoks. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen . Bentuk desain pada penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA MA Unggulan Darul Ulum Jombang. Sampel yang digunakan terdiri 34 perserta didik dari masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji analisis statistik untuk kemampuan kognitif kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest dan posttest berturut turut adalah 62,79 dan 74,85 dengan hasil uji Paired Sample t Test dengan signifikansi 0,000 < 0,05 Ho ditolak. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest dan posttest berturut turut adalah 61, 76 dan 69,41 dengan hasil uji Paired Sample t Test dengan signifikansi 0,000 < 0,05 Ho ditolak. Adapun hasil uji analisis terhadap keterampilan Kerjasama kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 63, 35 dan 75, 76 dengan hasil uji Paired Sample t Test dengan signifikansi 0,000 < 0,05 Ho ditolak. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest dan posttest berturut turut adalah 29,65 dan 38,47 dengan hasil uji Paired Sample t Test dengan signifikansi 0,000 < 0,05 Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Setia Rahmawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif , Keterampilan Kerjasama, Metode Focus Group Discussion
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:39
Last Modified: 05 Jul 2023 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59513

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum