Elisa Yuliana, NIM.: 19104060050 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA)
19104060050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA)
19104060050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar menjadi penentuan keberhasilan suatu pembelajaran. Dikatakan berhasil jika hasil belajar melampaui KKM. Namun, tidak semua peserta didik dapat mencapai hasil yang maksimal. Kreavitas juga diperlukan dalam pembelajaran agar peserta didik dapat mengembangkan gagasan dalam memahami materi. Salah satu strategi yang tepat untuk meningkatan hasil belajar dan kreativitas peserta didik yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi asam basa kelas XI SMA/MA, (2) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) terhadap kreativitas peserta didik pada materi asam basa kelas XI SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy experimental dengan desain nonequivalent control group desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling, yaitu simple group random sampling. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan menggunakan soal tes dan lembar angket kreativitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi asam basa kelas XI SMA/MA ditunjukkan dari hasil output uji Man Whitney diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, (2) model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) efektif terhadap kreativitas peserta didik pada materi asam basa kelas XI SMA/MA ditunjukkan hasil uji t-sampel independen diperoleh Sig. 0,005 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Setia Rahmawan, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Kreativitas Peserta Didik, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together (Lt) |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Kimia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 08:44 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 08:44 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59515 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |