MANAJEMEN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Mira Dwi Lestari, NIM.: 19104090077 (2023) MANAJEMEN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
19104090077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
19104090077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang penelitian ini karena di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kemenag DIY merupakan PTSP pertama dari 44 Kemenag yang ada di Indonesia. Jenis pelayanan yang ada di sana berjumlah 86 jenis baik online maupun offline. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui manajemen pelayanan terpadu satu pintu berbasis teknologi dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kemenag DIY. Subyek penelitian ini adalah Pegawai Analisis, Pegawai Front Office, Pegawai Back Office, Pranata Komputer dan hasil survey kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) manajemen pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di Kanwil Kemenag DIY dilihat dengan konsep POAC Terry yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling. Manajemen PTSP dalam meningkatkan kualitas pelayanan yaitu dengan pengadaan renstra dan buku pintar PTSP. (2) Penggunaan teknologi pada PTSP Kanwil Kemenag DIY dilihat dari adanya penggunaan Hardware, Software, data, prosedur dan pegawai PTSP. (3) Secara keseluruhan, kualitas pelayanan dilihat dari pencapaian indikator kualitas pelayanan dalam lima dimensi, yaitu reliability, responsiviness, assurance, tangible, dan empathy. Berdasarkan hasil survey kualitas pelayanan di PTSP Kanwil Kemenag DIY menunjukkan bahwa 94% pengguna layanan memberikan penilaian baik terhadap layanan di PTSP. Hal ini berarti menunjukkan bahwa pelayanan di PTSP Kemenag Kulon Progo sudah baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhamad Iskhak, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Teknologi, Kualitas Layanan.
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:33
Last Modified: 05 Jul 2023 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum