PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERMAKNA (ANALISIS ISI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM 2013)

Indah Sari, S. Pd, NIM.: 21204011008 (2023) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERMAKNA (ANALISIS ISI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM 2013). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERMAKNA (ANALISIS ISI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM 2013))
21204011008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERMAKNA (ANALISIS ISI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM 2013))
21204011008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggali kebermaknaan materi PAI yang terdapat dalam kurikulum 2013 memberikan pemahaman yang bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini penting untuk dilakukan mengingat pembelajaran PAI semestinya memberikan pemahaman dan pengalaman belajar bukan sekedar hafalan. Dengan demikian pembelajaran akan lebih bermakna bagi peserta didik. Materi pembelajaran menjadi aspek penting dalam mewujudkan pembelajaran bermakna, oleh karena itu perlu untuk melakukan analisis terhadap kebermaknaan materi Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kepustakaan (library research). Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis isi (content analisys). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa1) kebermaknaan materi PAI dalam kurikulum 2013 relevan dengan kognitif peserta didik, materi PAI kontekstual dan bersifat relasional,2) Pengembangan materi PAI dalam buku PAI dan Budi Pekerti Kelas VI Kurikulum 2013 revisi 2018 dilakukan dengan dengan prinsip relevansi, kecukupan, dan kedalaman materi. 3) Pengembangan pembelajaran bermakna dalam PAI dilakukan dengan menganalisis kebutuhan peserta didik, menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran, dan menggunakan strategi yang aktif dan partisipatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Tasman Hamami, M.A
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bermakna, Pendidikan Agama Islam, Materi PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2023 10:42
Last Modified: 05 Jul 2023 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59536

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum