STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KONSEP BILANGAN CACAH PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH DADAPAN

Aisyah Sabilla Rahmi, NIM.: 19104080016 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KONSEP BILANGAN CACAH PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH DADAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KONSEP BILANGAN CACAH PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH DADAPAN)
19104080016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KONSEP BILANGAN CACAH PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH DADAPAN)
19104080016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan dan mengetahui hasil pelaksanaan strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran matematika materi konsep bilangan cacah pada siswa tunagrahita ringan kelas V di SD Muhamamdiyah Dadapan . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis single subject research (SSR). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu siswa berkebutuhan khusus kategori tunagrahita ringan yang berada di kelas V SD Muhammadiyah Dadapan. Langkah penelitian yang digunakan adalah dengan pola A-B-A yaitu baseline-1, intervensi, dan baseline-2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui strategi pembelajaran langsung mata pelajaran matematika yang tepat digunakan pada siswa tunagrahita. Selain itu, instrumen wawancara dan observasi yang menjadi data pendukung dalam penelitian ini yang terdiri dari kepala sekolah, guru kelas, dan siswa tunagrahita ringan. Data yang didapatkan dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif deskriptif dan kualitatif yang kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dalam bentuk gambar grafik. Hasil penelitian dari pelaksanaan pemberian strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran matematika konsep bilangan cacah pada siswa tunagrahita ringan kelas V berdasarkan penelitian pada fase intervensi didapatkan bahwa strategi pembelajaran matematika langsung dapat digunakan pada siswa tunagrahita ringan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, demonstrasi, dan permainan. Sedangkan media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media pembelajaran manipulative berupa permen sebagai benda konkret dan media cetak berupa kartu angka nol, kartu bilangan cacah, dan kartu perkalian. Sedangkan dengan adanya pemberian strategi pembelajaran langsung pada siswa tunagrahita memberikan pengaruh pada kemampuan siswa tunagrahita dalam konsep bilangan cacah dengan skor pada baseline-1 adalah 10 meningkat menjadi 85. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran langsung mata pelajaran matematika pada siswa tunagrahita ringan kelas V dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa tunagrahita pada konsep bilangan cacah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Endang Sulistyowati, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran langsung; konsep bilangan cacah, tunagrahita ringan
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Jul 2023 11:53
Last Modified: 05 Jul 2023 11:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum