EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA MATERI LISTRIK STATIS DAN DINAMIS DI KELAS IV MI NURUL ULUM KRETEK

Atika Rizki Khoirun Nisa, NIM.: 19104080040 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA MATERI LISTRIK STATIS DAN DINAMIS DI KELAS IV MI NURUL ULUM KRETEK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA pada Materi Listrik Statis dan Dinamis di Kelas IV MI Nurul Ulum Kretek)
19104080040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA pada Materi Listrik Statis dan Dinamis di Kelas IV MI Nurul Ulum Kretek)
19104080040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidak penggunaan model Project Based Learning terhadap pemahaman konsep siswa pada materi IPA kelas 4 di MI Nurul Ulum Kretek. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design tipe one group pre-test and post-test. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 4 MI Nurul Ulum Kretek. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu RPP, LKPD, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes (pre-test dan post-test) berupa esai sebanyak 5 soal. Data dianalisis menggunakan uji analisis shapiro wilk sebagai uji normalitas dan uji korelasi paired sample t-test sebagai uji hipotesis. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap pemahaman konsep siswa efektif dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 55,91 dan post-test sebesar 83,181. Diketahui nilai t-hitung untuk kemampuan pemecahan masalah yaitu 9,104 dengan Sig. 0,000. Sehingga, probabilitas < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning terhadap pemahaman konsep siswa sehingga penggunaan model tersebut efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigit Prasetyo, S.Pd.I., M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning; pemahaman konsep
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Jul 2023 14:04
Last Modified: 05 Jul 2023 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59546

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum