STRATEGI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN SUPERIOR CUSTOMER VALUE

Muhammad Aziz Nur Rokhim, NIM.: 19104090073 (2023) STRATEGI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN SUPERIOR CUSTOMER VALUE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN SUPERIOR CUSTOMER VALUE)
19104090073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN SUPERIOR CUSTOMER VALUE)
19104090073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena adanya gap research penelitian terdahulu tentang pemasaran jasa pendidikan pada bab customer value. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi yang digunakan untuk menciptakan dan meningkatkan superior customer value di Madrasah Aliyah Negeri 3 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan transcript, coding, grouping, serta comparing dan contrasting. Sedangkan dalam teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini: Pertama, strategi MAN 3 Bantul dalam meningkatkan superior customer value menggunakan strategi mix marketing, strategi ini terdiri dari: (a) product: produk yang ditawarkan MAN 3 Bantul adalah program tahfizd dan riset. (b) price: strategi harga MAN 3 Bantul melihat dari kondisi kebutuhan madrasah sehingga terjadi kenaikan harga dari tahun-tahun sebelumnya. (c) place: kondisi tempat MAN 3 Bantul termasuk strategis karena akses jalan yang mudah diakses dan dekat dengan jalan raya (d) promotion: strategi promosi MAN 3 Bantul dengan menggunakan pembiwaraan. (e) people: strategi SDM adalah dengan menganalisa kebutuhan, bezetting, dan membuat ANJA (analisis jabatan) yang kemudian dikomunikasikan dengan KANWIL. (f) physical advidence: pembangunan gedung baru yang akan digunakan sebagai perpustakaan dan laboratorium. (g) process: Proses dari pemenuhan SNP terdiri dari RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) atau RENSTRA (Rencana Strategis) yang dilakukan selama empat tahun sekali. Kedua: (a) functional value: Pelayanan pendaftaran MAN 3 Bantul memiliki beberapa jalur masuk, diantaranya adalah jalur prestasi baik akademik maupun non akademik, jalur pondok pesantren, dan jalur regular. (b) Emotional value terkait dengan pembelajaran di MAN 3 Bantul dan menciptakan suasana aman dan nyaman. (d) Social value di MAN 3 Bantul dibentuk dalam tiga hal, yakni hubungan guru dengan guru, kegiatan sosial kemasyarakatan, dan hubungan siswa dengan siswa. Ketiga: hasil dari strategi yang dilakukan MAN 3 Bantul dapat dilihat dalam survei indeks kepuasan masyarakat (IKM). IKM menunjukkan bahwa rata-rata penilaian customer terhadap MAN 3 Bantul adalah BAIK dengan nilai 86,452.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: mix marketing; customer value; superior customer value
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:08
Last Modified: 06 Jul 2023 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum