PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA DINI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA (Studi Kasus Kelas B di TK Batik PPBI Yogyakarta)

Tuty Alawiyah, NIM.: 19204032017 (2023) PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA DINI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA (Studi Kasus Kelas B di TK Batik PPBI Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA DINI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA (Studi Kasus Kelas B di TK Batik PPBI Yogyakarta))
19204032017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA DINI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA (Studi Kasus Kelas B di TK Batik PPBI Yogyakarta))
19204032017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tiga pertanyaan yaitu (1) Untuk menganalisis implementasi pembelajaran bahasa anak usia dini berbasisis kurikulum merdeka di TK Batik PPBI Yogyakarta (2) untuk mengetahui mengapa diimplementasikannya pembelajaran 3 bahasa anak usia dini berbasis kurikulum merdeka di TK Batik PPBI Yogyakarta (3) ntuk menemukan implikasi atas implementasinya pembelajaran bahasa anak usia dini berbasisi kurikulum merdeka TK Batik PPBI Yogyakarta Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dimana subyek penelitian ini adalah guru dan siswa yang ada di TK Batik PPBI Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam penelitian ini analisis data berdasarkan hasil reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun jumplah responden dalam penelitian ini melibatkan 2 guru yaitu kepala sekolah dan guru wali kelas B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini Berbasis Kurikulum Merdeka TK Batik PPBI Yogyakarta yaitu memiliki empat unsur yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis yang masing-masing diterapkan dalam kegiatan pembuka, kegiatan pembelajaran part 1, kegiatan pembelajaran part 2 dan kegiatan penutup. (2) Mengapa Di Implementasikannya Pembelajaran 3 Bahasa Berbasis Kurikulum Merdeka TK Batik PPBI Yogyakarta karena karena untuk melayani peserta didik yang berdasarkan latar belakang orang tua peserta didik yang mix (campuran). (3) Apa Implikasi Implementasi Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini Berbasis Kurikulum Merdeka di TK Batik PPBI Yogyakarta yaitu anak mampu berkomunikasi dan mengembangakn 3 bahasa, anak mampu bersosialisai dan Kemampuan percaya diri dan Berani.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Na‘imah, M.Hum
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; bahasa; Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:09
Last Modified: 06 Jul 2023 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59563

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum