PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS APLIKASI BAGI MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BAHASA ARAB FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN ANGKATAN 2020

Muhammad Iqbal Zamzami, NIM.: 21204021009 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS APLIKASI BAGI MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BAHASA ARAB FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN ANGKATAN 2020. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS APLIKASI BAGI MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BAHASA ARAB FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN ANGKATAN 2020)
21204021009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS APLIKASI BAGI MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BAHASA ARAB FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN ANGKATAN 2020)
21204021009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kesulitan mahasiswa semester akhir dalam menentukan kedudukan setiap kata pada abstrak skripsi berbahasa Arab. Hal ini juga didukung dengan data bahwa 65% mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga tahun angkatan 2020 mengatakan bahwa ilmu Nahwu merupakan ilmu yang sulit dan keseluruhan mahasiswa setuju dengan adanya pengembangan aplikasi pembelajaran Nahwu. Oleh sebab itu, adanya penelitian ini betujuan untuk: 1) Mengembangkan aplikasi pembelajaran Nahwu 2) Mengetahui efektivitas aplikasi dalam meningkatkan kemampuan nahwu mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga tahun angkatan 2020 3) Mengetahaui kelebihan dan kekurangan dalam pengembangan aplikasi tersebut. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengujian kelayakan aplikasi dilakukan dengan meminta saran kepada ahli materi dan ahli media. Adapun untuk mengetahui efektivitas aplikasi, peneliti mengimplementasikan pada mahasiswa yang mendapatkan nilai pre-tes dibawah 75. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang berbentuk angka dianalisis menggunakan uji Sampel Paired T-Test dan uji N-Gain Score menggunakan bantuak aplikasi SPSS 18. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pengembangan aplikasi pembelajaran Nahwu ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Impementation dan Evaluation). Pengembangan produk ini menghasilkan aplikasi dengan nama “MaBar Nahwu” Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan pendekatan struktural dan dengan menggunakan metode deduktif untuk menyampaikan materinya. Software yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini adalah Smart Apps Creator 3. Aplikasi ini dapat dibuka melalui berbagai jenis perangkat, seperti handphone, PC, ataupun Laptop. Materi dalam aplikasi ini dikembangkan dengan dua bahasa, yaitu bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Bentuk latihan dan evaluasi yang dikembangkan sangat beragam, diantaranya adalah pilihan ganda, drag and drop dan menjodohkan. 2) Aplikasi ini efektif untuk meningkatkan kemampuan Nahwu mahasiswa dengan nilai signifikansi uji sample paired t-test sebesar 0.000 dan hasil uji N-Gain Score dengan nilai mean sebesar 0.6285 atau 63% dengan tafsiran nilai “cukup efektif”. 3) Kelebihan aplikasi ini dapat digunakan diberbagai perangkat dengan beragam sistem operasi serta dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, Sedangkan kekuranganya aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup besar, yakni 130 MB dan keterbatasan materi yang dapat dimasukkan dalam aplikasi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Aplikasi Pembelajaran, MaBar Nahwu, Kemampuan Nahwu.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:01
Last Modified: 06 Jul 2023 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59566

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum