EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MIND MAPS METHOD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS KOMIK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN (Pokok Bahasan Himpunan)

EKO HARYONO - NIM. 06600005, (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MIND MAPS METHOD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS KOMIK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN (Pokok Bahasan Himpunan). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MIND MAPS METHOD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS KOMIK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN (Pokok Bahasan Himpunan) )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MIND MAPS METHOD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS KOMIK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN (Pokok Bahasan Himpunan) )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika berbasis mind map method dengan menggunakan media grafis komikmdalam meningkatkan kreativitas berpikir siswa jika dibandingkan dengan metode konvensional di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII A, VII B, VII C dan VII D semester II SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yang diambil dengan cara klaster random sampling. Sehingga didapat kelas VII B sebagai kelas,meksperimen, dan kelas VII C sebagai kelas kontrol, sedangkan kelas uji coba adalah kelas VIII A. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan test dalam bentuk soal uraian baik pretest maupun postest. Pretest dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa, sedangkan postest dilakukan untuk mengetahui kemampuan akhir siswa. Gain didapatkan dari selisih skor postest dan pretest. Soal pretest dan postest divalidasi dan diuji cobakan terlebih dahulu. Hasil pengumpulan data dianalisis normalitasnya, setelah itu dilakukan uji perbedaan mean dengan uji-t satu arah. Hasil perhitungan menunjukkan hitung t = 2,727 dan tabel t = 1,668 . Dengan demikian, hitungt tabel t. Kesimpulannya Ho ditolak. Dengan kata lain, pembelajaran matematika berbasis mind maps method dengan menggunakan media grafis komik lebih efektif dalam meningkatkan kreativitas berpikir siswa dibandingkan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Sumaryanta, M.Pd. 2. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Metode mind map, metode konvensional, kreativitas berpikir.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 06 Feb 2013 18:53
Last Modified: 14 Dec 2016 15:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5957

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum