IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK ERA SOCIETY 5.0 DI SMP TAHFIDZQU YOGYAKARTA

Ami Syadila Sipayung, NIM.: 21204011026 (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK ERA SOCIETY 5.0 DI SMP TAHFIDZQU YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK ERA SOCIETY 5.0 DI SMP TAHFIDZQU YOGYAKARTA)
21204011026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK ERA SOCIETY 5.0 DI SMP TAHFIDZQU YOGYAKARTA)
21204011026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Ini dilatarbelakangi oleh tantangan pendidikan Islam khususnya di negara Indonesia adalah bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik secara utuh yang tidak saja menguasai pengetahuan, akan tetapi mempunyai kualitas iman, dan akhlak mulia. Karena tujuan dari pendidikan Islam adalah membentuk manusia yang mempunyai kepribadian yang serasi dan seimbang; tidak saja bidang agama dan keilmuan, melainkan juga keterampilan dan akhlak. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, tidak sedikit dampaknya terhadap sikap dan perilaku manusia, baik sebagai manusia yang beragama maupun sebagai makhluk individu dan mahluk sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pengembangan diri peserta didik era society 5.0 di SMP Tahfidzqu Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data (display data), penarikan kesimpulan.Uji Keabsahan data menggunakan perpanjangan keabsahan temuan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi penanaman nilai pendidikan agama Islam di SMP Tahfidzqu menggunkan strategi mendidik dengan keteladanan, pembiasaan, nasihat, perhatian, memberi hukuman, dan penghargaan/reward. (2) Pelaksanaan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam itu dipecah menjadi beberapa mata pelajaran seperti adanya mata pelajaran Aqidah Akhlak, Al-Qur’an Hadits, Fiqih, dan SKI. Agar pengetahuan dan pemahaman peserta didik lebih mendalam tentang agama Islam maka pendidikan dilanjutkan dengan mengedepankan pengembangan kreativitas, memanfaatkan kemajuan teknologi, mewadahi minat bakat peserta didik, sehingga peserta didik dapat berkembang, berekspresi, mengeksplor dirinya. Hasil Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Diri Peserta Didik Era Society 5.0 di SMP Tahfidzqu Yogyakarta adalah berupa prestasi-presatsi di bidang ekskul yang peserta didik pilih, nilali-nilai pendidikan agama islamnya dapat dilihat dari karakter dari peserta didik sendiri menjadi orang yang disiplin, bertanggung jawab, mandiri, menghormati guru, berbakti kepada orang tua, saling menyanyangi dan saling tolong menolong sesama teman, bisa menghargai orang lain, cinta kepada Al-Qur’an maupun sunnah Rasulullah, dan menjadi orang yang bertakwa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Sangkot Sirait, M. Ag
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai Pendidikan Agama Islam; pengembangan diri
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Jul 2023 13:57
Last Modified: 06 Jul 2023 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59584

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum