STRATEGI LEMBAGA PENDIDIKAN MA’HAD DARUL QUR’AN WAL HADITS NWDI (Nahdlatul Wathan Diniyatul Islamiyah) PANCOR LOMBOK TIMUR DALAM PENGUATAN NILAI KARAKTER

Annisa Aprilia, NIM.: 21204011039 (2023) STRATEGI LEMBAGA PENDIDIKAN MA’HAD DARUL QUR’AN WAL HADITS NWDI (Nahdlatul Wathan Diniyatul Islamiyah) PANCOR LOMBOK TIMUR DALAM PENGUATAN NILAI KARAKTER. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI LEMBAGA PENDIDIKAN MA’HAD DARUL QUR’AN WAL HADITS NWDI (Nahdlatul Wathan Diniyatul Islamiyah) PANCOR LOMBOK TIMUR DALAM PENGUATAN NILAI KARAKTER)
21204011039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI LEMBAGA PENDIDIKAN MA’HAD DARUL QUR’AN WAL HADITS NWDI (Nahdlatul Wathan Diniyatul Islamiyah) PANCOR LOMBOK TIMUR DALAM PENGUATAN NILAI KARAKTER)
21204011039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena masyarakat Indonesia saat ini sedang mengalami krisis karakter alias dekadensi moral. Krisis ini ditandai dengan maraknya tindakan kriminalitas, seperti tawuran antara pelajar, meningkatnya pergaulan bebas, bertambahnya angka kekerasan anak-anak dan remaja, pelecehan seksual, banyaknya geng motor dan begal. Yang secara keseluruhan merugikan dirinya dan orang lain. Fenomena krisis moral tersebut jelas bertentangan dengan visi dan misi pendidikan dalam membentuk manusia Indonesia yang berkepribadian dan berakhlak mulia sebagaimana dicita-citakan dalam tujuan pendidikan nasional. Maka setiap lembaga pendidikan memerlukan strategi yang tepat untuk menguatkan nilai karakter. Sehingga yang menjadi fokus pada penelitan ini adalah untuk menganalisis apa saja strategi dalam penguatan nilai karakter. Bagaimana implementasi strategi penguatan nilai karakter, serta faktor apa saja pendukung dan penghambat dalam penguatan nilai karakter di lembaga pendidikan Mahad Darul Quran wal hadits NWDI Pancor Lombok Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif dengan field study. Subyek penelitian ini adalah Amidul Ma’had, Katibul Ma’had, Masyayikh, Thullab Tholibat dan beberapa alumni. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Hubberman melewati beberapa tahapan yakni mengoleksi data, mengkondensasi data, menyajikan data dan menarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi lembaga pendidikan Ma’had darul Qur’an wal Hadits NWDI Pancor Lombok Timur dalam penguatan nilai karakter yakni: Moral Knowing, Moral Feeling, Moral Acting, Peneladanan, dan Pembiasaan. (2) Implementasi strategi lembaga pendidikan Ma’had darul Qur’an wal Hadits NWDI Pancor Lombok Timur dalam penguatan nilai karakter melalui beberapa kegiatan yakni Ta’aruf wal I’dad, pengajian al-abror, Intrakulikuler, Idhafi, Pembacaan Hizib Nahdlatul Wathan, Safari Ramadhan, Pola pemondokan dan pembersihan akbar. (3) Faktor pendukung dan penghambat penguatan nilai karakter corak lingkungan yang Islami, Figur Tuan Guru, dukungan masyarakat, Sarana dan Prasarana. Adapun yang menjadi faktor penghambatnya yakni penggunaan HP yang tidak bijak, dan rasa malas dari diri Thullab dan Tholibat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Sibawaihi, S.Ag, M.Si., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: strategi penguatan; Ma’had; nilai karakter
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Jul 2023 14:09
Last Modified: 06 Jul 2023 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59589

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum