IMPLEMENTASI POLA ASUH DEMOKRATIS DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DI PESANTREN MAHASISWA INTERNASIONAL KH MAS MANSUR UMS

Aufa Qutratu ‘Ain, NIM.: 21204011043 (2023) IMPLEMENTASI POLA ASUH DEMOKRATIS DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DI PESANTREN MAHASISWA INTERNASIONAL KH MAS MANSUR UMS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI POLA ASUH DEMOKRATIS DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DI PESANTREN MAHASISWA INTERNASIONAL KH MAS MANSUR UMS)
21204011043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI POLA ASUH DEMOKRATIS DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DI PESANTREN MAHASISWA INTERNASIONAL KH MAS MANSUR UMS)
21204011043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunikan pesantren mahasiswa bertaraf Internasional yang ditandai dengan keanekaragaman mahasantri yang berasal dari berbagai penjuru Nusantara hingga luar Negeri. Keanekaragaman ini menjadi ciri khas Pesantren Mahasiswa Internasional KH Mas Mansur sebagai asrama mahasiswa berbasis Pondok Pesantren dibawah naungan UMS dengan menerapkan pola asuh demokratis sebagai pola utama diantara pola asuh lainnya. Akan tetapi, pola asuh demokratis yang dianggap ideal tersebut dalam penerapannya masih banyak ditemukan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh para mahasantri. Padahal, pola asuh demokratis yang diterapkan memiliki dampak pada pembentukan karakter religius mahasantri. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai konsep, implementasi, dan dampak pola asuh demokratis dalam upaya pembentukan karakter religius mahasantri di Pesantren Mahasiswa Internasional KH Mas Mansur. Permasalahan yang ingin dijawab, yaitu pertama bagaimana konsep pola asuh demokratis yang diterapkan di Pesantren Mahasiswa Internasional KH Mas Mansur, kedua bagaimana implementasi pola asuh demokratis dalam upaya pembentukan karakter religius di Pesantren Mahasiswa Internasional KH Mas Mansur, dan ketiga bagaimana dampak implementasi pola asuh demokratis terhadap karakter religius mahasantri di Pesantren Mahasiswa Internasional KH Mas Mansur. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang disusun secara sistematis kemudian dianalisis menggunakan Teori Pola Asuh Baumrind dan Teori Karakter Religius Stark and Glock melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari direktur, 3 orang dewan pengasuhan dan 8 mahasantri Pesma Internasional KH Mas Mansur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat 2 macam konsep pola asuh demokratis yang diterapkan di Pesma, pertama menggunakan konsep regulasi (SOP dan peraturan) dan kedua menggunakan konsep role model atau keteladanan. (2) implementasi pola asuh demokratis dalam upaya pembentukan karakter religius di Pesma berpusat pada panca jiwa, yaitu keikhlasan, kejujuran, kerja keras, bertanggung jawab, dan persaudaraan. (3) adanya dampak pola asuh demokratis terhadap karakter religius mahasantri seperti terbentuknya perilaku mahasantri yang disiplin, mahasantri senantiasa berkata jujur, memiliki attitude yang baik, bertanggung jawab membagi waktu kuliah dan kegiatan Pesma, memiliki jiwa sosial dan kontribusi yang tinggi di Pesma maupun di lingkungan masyarakat, mampu berkomunikasi dengan baik, terbentuk kedewasaannya, menjalankan sholat wajib, dan rutin membaca maupun menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Muh. Wasith Achadi, S.Ag
Uncontrolled Keywords: pola asuh demokratis; karakter religius; pesantren mahasiswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Pola Asuh
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:40
Last Modified: 07 Jul 2023 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59596

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum