PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI ERA NEW NORMAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KESIAPAN GURU MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI AGAMA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN BIMA

Nurul Islam, NIM.: 21204011047 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI ERA NEW NORMAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KESIAPAN GURU MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI AGAMA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN BIMA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI ERA NEW NORMAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KESIAPAN GURU MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI AGAMA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN BIMA)
21204011047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI ERA NEW NORMAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KESIAPAN GURU MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI AGAMA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN BIMA)
21204011047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran tatap muka di era new normal lebih fleksibel karena adanya penggunaan platform seperti Zoom, Google Classroom, WhatshApp, Youtube dan lain sebagainya. Era new normal menjadi sebuah peluang baru bagi dunia pendidikan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan agar meningkatkan kembali kualitas pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tatap muka di era new normal terhadap motivasi belajar siswa dan kesiapan guru mengajar pada mata pelajaran fikih kelas XI Agama Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Multiple Methods. Metode ini mengumpulkan dua jenis data dalam waktu yang sama, kemudian digabungkan agar dapat dianalisis dalam suatu kesimpulan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, dimana semua populasi dijadikan sampel, yaitu siswa kelas XI Agama. Teknik pengumpulan kuantitatif menggunakan teknik angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan teknik validitas instrument, reliabilitas instrument,uji normalitas, uji linearitas, dan uji Paired T-test untuk menguji hipotesis. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pembelajaran tatap muka di era new normal berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XI agama pada mata pelajaran fikih. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan statistika uji Paired Sample T-test yang memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,266 < 0,005. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan, melalui pembelajaran tatap muka di era new normal dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.(2) pembelajaran tatap muka di era new normal sangat berpengaruh terhadap kesiapan guru mengajar. Kebiasaan baru pada kegiatan pembelajaran ini menuntut kesiapan guru pada penguasaan teknologi, kematangan perencanaan, dan kreativitas guru mendesain materi atau media pembelajaran. Dari ketiga aspek tersebut hanya aspek perencanaan yang sudah mencapai 75%. Kedua aspek lainya menjadi terkendala karena guru yang bersangkutan tidak paham akan penggunaan teknologi yang menjadi kunci utama kesuksean pembelajaran tatap muka di era new normal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tatap muka; era new normal; motivasi belajar; kesiapan guru mengajar.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:50
Last Modified: 07 Jul 2023 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59598

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum