PSYCHOWRITING METHOD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS BAGI PUSTAKAWAN STUDI KASUS PUSTAKAWAN MENULIS DI SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL (STPN) YOGYAKARTA

Sarah Wulan Dari, NIM.: 21200011020 (2023) PSYCHOWRITING METHOD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS BAGI PUSTAKAWAN STUDI KASUS PUSTAKAWAN MENULIS DI SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL (STPN) YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PSYCHOWRITING METHOD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS BAGI PUSTAKAWAN STUDI KASUS PUSTAKAWAN MENULIS DI SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL (STPN) YOGYAKARTA)
21200011020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PSYCHOWRITING METHOD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS BAGI PUSTAKAWAN STUDI KASUS PUSTAKAWAN MENULIS DI SEKOLAH TINGGI PERTANAHAN NASIONAL (STPN) YOGYAKARTA)
21200011020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini menjelaskan tentang psychowriting method untuk meningkatkan motivasi menulis bagi pustakawan menulis di Sekolah Tinggi Pertanahan Yogyakarta. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis motivasi pustakawan dalam menulis, langkah-langkah menulis dengan psychowriting method bagi pustakawan STPN Yogyakarta serta faktor pendukung dan faktor penghambat psychowriting method untuk meningkatkan motivasi pustakawan dalam menulis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara kepada subjek yang berkenaan dengan penelitian, dan dokumentasi sebagai pelengkap dan pendukung data penelitian. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa motivasi pustakawan dalam menulis dipengaruhi oleh motivasi dari dalam diri pustakawan (intrinsik) yaitu 1) Pencapaian (achievement), 2) Penghargaan (Recognititon), 3) Pekerjaan itu sendiri (Work it self), 4) Tanggungjawab (Responsibility), 5) Pengembangan (Advancement growth), 6) Menulis untuk Ibadah dan motivasi yang bersumber dari luar diri pustakawan (ekstrinsik) meliputi adanya 1) Gaji (Salary), 2) Hubungan antar pribadi (Interpersonal relation), 3) Kondisi kerja (Working condition), 4) Kebijakan (Policy) dan 5) Supervisi. Sedangkan tahapan yang digunakan oleh pustakawan STPN dalam menulis dengan menggunakan metode psychowriting terdapat tiga tahapan yaitu 1) Pra Menulis, 2) Menulis, dan 3) Pasca Menulis. Serta adanya faktor pendukung dan penghambat dalam psychowriting method untuk meningkatkan motivasi menulis bagi pustakawan. Peningkatan motivasi menulis bagi pustakawan dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan metode psychowriting. Oleh sebab itu perlu untuk tetap menjaga motivasi pustakawan dengan melakukan rutinisasi kegiatan-kegiatan menulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Muhsin., S.Ag., M.A., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Psychowriting Method, Motivasi Menulis, Pustakawan
Subjects: Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Pustakawan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Jul 2023 11:01
Last Modified: 06 Jul 2023 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59605

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum