MODEL INTERVENSI ISLAM UNTUK PENYEMBUHAN ORANG DENGAN DISABILITAS PSIKOSOSIAL (ODDP) : STUDI KASUS DI PANTI REHABILITASI PONDOK TETIRAH DZIKIR YOGYAKARTA

Nazrin, NIM.: 21200011061 (2023) MODEL INTERVENSI ISLAM UNTUK PENYEMBUHAN ORANG DENGAN DISABILITAS PSIKOSOSIAL (ODDP) : STUDI KASUS DI PANTI REHABILITASI PONDOK TETIRAH DZIKIR YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL INTERVENSI ISLAM UNTUK PENYEMBUHAN ORANG DENGAN DISABILITAS PSIKOSOSIAL (ODDP) : STUDI KASUS DI PANTI REHABILITASI PONDOK TETIRAH DZIKIR YOGYAKARTA)
21200011061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MODEL INTERVENSI ISLAM UNTUK PENYEMBUHAN ORANG DENGAN DISABILITAS PSIKOSOSIAL (ODDP) : STUDI KASUS DI PANTI REHABILITASI PONDOK TETIRAH DZIKIR YOGYAKARTA)
21200011061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Disabilitas Psikososial merupakan masalah global dan memerlukan perhatian. Disabilitas psikososial adalah orang yang kehilangan kesadaran, kendali atas diri sehingga diperlukan pertolongan. Melalui sistem sumber yaitu lembaga swadaya masyarakat Pondok Tetirah Dzikir melakukan penyembuhan terhadap ODDP. Model penyembuhan melalui intervensi Islam diberikan oleh kiai dan para pendamping pondok secara langsung kepada ODDP yang ditetapkan sebagai santri bina. Tulisan ini mengkaji serta menguraikan alasan penggunaan model intervensi Islam, bagaimana model intervensi secara spesifik, bagaimana implementasi dan hasil dari penerapan model intervensi Islam untuk penyembuhan ODDP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Konsep intervensi Islam yang digagas oleh Sa’id Hawwa menjadi landasan teori penelitian ini, yaitu tahap takhalli pensucian diri melalui sholat, zikir, dan mandi tobat. tahalli pengembangan diri melalui manaqiban, vokasional pemberian keterampilan dalam pertanian. tajalli melalui zikir jahar dan zikir qhofi sebagai upaya penemuan diri atau kesadaran tentang siapa diri dan apa tujuan penciptaan manusia. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Model Intervensi Islam Untuk Penyembuhan ODDP di Pondok Tetirah Dzikir bertujuan mengembalikan keberfungsian spiritual dan sosial mereka, dengan menerapkan takhalli, tahalli, dan tajalli, seperti teori Hawwa. Untuk aplikasinya, ODDP dibagi menjadi empat kelas berdasarkan tingkat gangguan psikologis santri. Sementara model intervensi Islam merupakan instrument yang relevan dalam penanganan masalah disabilitas psikososial. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebanyak 80 orang disabilitas psikososial, yang dalam waktu tiga tahun terakhir telah mampu menjalankan tanggung jawab dan kemampuan melaksanakan kewajiban atau tanggung jawab secara otonom setelah nyantri di Pondok Tetirah Dzikir.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Syamsiatun, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Intervensi Islam, Penyembuhan, ODDP
Subjects: DISABILITAS
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Jul 2023 11:10
Last Modified: 06 Jul 2023 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59608

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum