IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM DI KALIMANTAN TIMUR

Wanda Saputri Machmud, NIM.: 21204011062 (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM DI KALIMANTAN TIMUR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM DI KALIMANTAN TIMUR)
21204011062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM DI KALIMANTAN TIMUR)
21204011062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam dunia perguruan tinggi masih kerap ditemui salah satunya masih sering dijumpai pengangguran terdidik, untuk menyikapi ini pemerintah menghadirkan solusi berupa Merdeka Belajar Kampus Merdeka di mana program ini diharapkan menjadi jawaban atas masalah tersebut. Namun, realitasnya belum semua perguruan tinggi dapat melaksanakan program ini. Berdasarkan permasalahan di atas peneliti tertarik untuk mengetahui implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka khususnya pada perguruan tinggi Islam di Kalimantan Timur. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat kualitatif dengan subjek penelitian diambil dari narasumber dan informan asal Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) dan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik serta reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai metode analisis data. Hasil penelitian ditemukan bahwa konstruksi kurikulum kedua perguruan tinggi memiliki perbedaan mulai dari struktural hingga bentuk rancangan program. UMKT melaksanakan program ini dengan sepenuhnya mengikuti arahan Kemdikbud, sedangkan UINSI melakukan improvisasi. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang terlaksana di UMKT berupa Kampus Mengajar, Magang dan Studi Independen Bersertifikat, serta Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Adapun UINSI memprogramkan pelaksanaan Pertukaran Mahasiswa, Kewirausahaan, Asistensi Mengajar, dan Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik. Hambatan dalam pelaksanaan pada kedua perguruan tinggi ini dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Kesimpulan dari penelitian ini kedua perguruan tinggi baik UMKT maupun UINSI telah menerapkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan bentuk pelaksanaan yang berbeda. UMKT melaksanakan program ini sejak pertama kali pemberitahuan pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Adapun UINSI baru merealisasikan program ini saat mahasiswi angkatan 2021 memasuki semester lima. Pelaksanaan program di luar perguruan tinggi UMKT bisa diikuti sejak semester tiga dengan memilih program yang diminati, pelaksanaan di UINSI akan dilaksanakan dalam bentuk Pembelajaran Model Blok, yakni mulai dari semester lima hingga tujuh telah diatur program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dapat diikuti oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: perguruan tinggi; merdeka belajar; kampus merdeka; MBKM; kurikulum; hambatan pelaksanaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:59
Last Modified: 07 Jul 2023 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59613

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum