PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA ARAB BERBASIS SMART APPS CREATOR DI MTs DARUL AMANAH KALIANDA TAHUN AJARAN 2022/2023

Dwi Setia Kurniawan, NIM.: 21204021006 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA ARAB BERBASIS SMART APPS CREATOR DI MTs DARUL AMANAH KALIANDA TAHUN AJARAN 2022/2023. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA ARAB BERBASIS SMART APPS CREATOR DI MTs DARUL AMANAH KALIANDA TAHUN AJARAN 2022/2023)
21204021006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA ARAB BERBASIS SMART APPS CREATOR DI MTs DARUL AMANAH KALIANDA TAHUN AJARAN 2022/2023)
21204021006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Metode pembelajaran yang cenderung menggunakan ceramah serta bahan ajar LKS yang diterapkan di MTs Darul Amanah Kalianda khususnya untuk pengajaran Bahasa Arab pada materi Ar-Riydhah dengan hasilnya yang kurang maksimal. Atas alasan serta pengamatan tersebut, perlu adanya upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang di dukung dengan penggunaan media pembelajaran yang sesuai. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan media Smart Apps Creator dalam proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Bahasa Arab berbasis android ntuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini berupaya menjawab pertanyaan, yaitu bagaimana design pengembangan multimedia pembelajaran aplikasi android berbasis Smart Apps Creator, bagaimana kelayakan multimedia pembelajaran aplikasi android berbasis Smart Apps Creator menurut para ahli (expert judgement) dan bagaimana keefektifan multimedia pembelajaran aplikasi android berbasis Smart Apps Creator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab secara tatap muka di kelas VIII B MTs Darul Amanah Kalianda dengan jumlah sampel sebanyak 28 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan mengikuti langkah-langkah model ADDIE (a) Analysis (Analisis), (b) Design (perencanaan), (c) Development (pengembangan), dan (e) Evaluation (evaluasi). Penelitian ini mengambil sampel peserta didik kelas VIII B di MTS Darul Amanah Kalianda sebanyak 28 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Bahasa Arab diterapkan dengan menyesuaikan prosedur ADDIE. 2. Produk multimedia pembelajaran interaktif bahasa Arab ini dikatakan menarik serta layak pakai dengan ditunjukkannya oleh hasil validasi dari ahli materi masuk dalam kategori Baik dengan hasil konversi persentase 76%. Sedangkan untuk hasil validasi ahli media termasuk dalam kategori Sangat Baik dengan hasil persentase 84%. Dan hasil analisis terhadap respon guru mata pelajaran bahasa Arab termasuk dalam kualifikasi Sangat baik dengan konversi persentase sebesar 91%. Serta ditunjukkan dengan hasil analisis respon siswa termasuk dalam kategori Sangat Baik dengan konversi persentase 82%. Akumulasi hasil validasi tersebut menunjukkan media pembelajaran ini dikategorikan Sangat Baik. Hasil analisis uji-t pada pre-test dan post-test nilai peserta didik kelas VIII B di MTs Darul Amanah Kalianda dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 siswa menunjukkan adanya perubahan yang signifikan setelah pengaplikasian / pengimplemntasikan multimedia untuk pembelajaran mata pelajaran bahasa Arab pada materi Ar-Riyadhah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Smart Apps Creator; pembelajaran bahasa Arab; Ar-Riyadhah, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2023 10:12
Last Modified: 07 Jul 2023 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59627

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum