PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS GAME EDUKASI WORDWALL DI MIN 1 BANTUL

Desi Rahmania Zulfa, NIM.: 21204021014 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS GAME EDUKASI WORDWALL DI MIN 1 BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS GAME EDUKASI WORDWALL DI MIN 1 BANTUL)
21204021014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS GAME EDUKASI WORDWALL DI MIN 1 BANTUL)
21204021014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penurunan minat dan hasil belajar peserta didik pada proses pembelajaran bahasa Arab serta minimnya penggunaan fasilitas sekolah berupa laboratorium komputer dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini hadir untuk memanfaatkan fasilitas yang ada dengan penggunaan game pada proses evaluasi pembelajaran. Maka dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan media evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang dapat membantu guru dalam proses evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Peneliti mengggunakan desain penelitian Research and Development (R&D) dengan mengikuti langkah-langkah ADDIE (a) Analysis (Analisis) (b) Design (Perencanaan) (c) Development (Pengembangan) (d) Implementation (Implementasi), dan (e) Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini mengambil sampel seluruh peserta didik kelas V D di MIN 1 Bantul sebanyak 27 Peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Konsep media evaluasi pembelajaran yang peneliti kembangkan adalah perubahan media evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang awalnya hanya berbasis kertas, menjadi media evaluasi pembelajaran berbasis digital berupa game edukasi wordwall. Game ini memuat tiga jenis soal yang berbeda dengan tujuan agar peserta didik mengenali kosakata yang sama dengan penyajian yang berbeda, sehingga hal tersebut akan berpengaruh pada peningkatan hasil belajar peserta didik. 2. Produk berupa media evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis game edukasi wordwall telah dikembangkan peneliti menggunakan prosedur ADDIE yang menghasilkan data validasi kelayakan oleh ahli media sebesar 76%, dan ahli materi sebesar 93,5%, keseluruhan hasil penilaian dari para ahli mendapatkan kategori validasi “Sangat Baik”. Sementara pada respon guru, didapatkan presentase sebesar 93% dan respon peserta didik sebesar 87%, dan keduanya mendapatkan kategori validasi “Sangat Baik”. 3. Efektivitas media evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis game edukasi wordwall dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik pada pre-test dan post-test. Hasil implementasi media pada pre-test mendapatkan presentase sebesar 63% dan post-test sebesar 91%, dengan hasil Sig. (2-tailed) paired sample t-test sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun kelebihan pada media ini terdapat dalam muatan materi, kemenarikan desain dan latar musik serta kemudahan dalam pengaplikasiannya. Sedangkan kekurangannya terdapat dalam hal pengumpulan data hasil belajar, kecepatan internet yang dibutuhkan serta muatan materi yang terlalu sempit. Adapun pembaruan yang menjadi pembeda antara penelitian ini dengan penelitian sebelumnya terdapat pada tipe soal yang digunakan, hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada peningkatan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhamaad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: media evaluasi pembelajaran; Bahasa Arab; hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2023 10:14
Last Modified: 07 Jul 2023 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59628

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum