PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MBS YOGYAKARTA

Wahyu Dwi Taryanto, NIM.: 21204021015 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MBS YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MBS YOGYAKARTA)
21204021015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MBS YOGYAKARTA)
21204021015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Hal ini tentunya menyebabkan hasil belajar peserta didik pun ikut menurun. Permasalahan ini tentu lahir dari beberapa sebab, salah satunya adalah minimnya penggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran bahasa Arab di SMP MBS Yogyakarta, guru sebagai pendidik hanya terpaku pada metode ceramah saja, selain dari pada itu guru mengalami dekadensi atau penurunan terhadap hal inovasi pembelajaran pada masa transisi setelah adanya pandemi covid-19. Oleh karenanya peneliti mengembangkan multimedia pembelajaran video interaktif dengan pendekatan komunikatif ini agar dapat membantu guru dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peneliti mengggunakan desain penelitian Research and Development (R&D) dengan mengikuti langkah-langkah ADDIE (a) Analysis (Analisis) (b) Design (Perencanaan) (c) Development (Pengembangan) (d) Implementation (Implementasi), dan (e) Evaluastion (Evaluasi). Penelitian ini mengambil sampel seluruh peserta didik kelas IX A SMP MBS Yogyakarta sebanyak 30 Siswa. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Produk berupa Multimedia Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Adobe Premier Pro & Sparkol Video Scribe Dengan Pendekatan Komunikatif yang telah dikembangkan peneliti dengan prosedur ADDIE. Dengan hasil validasi para ahli terkait dengan kelayakan multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan yang meliputi validasi ahli media 1 dengan hasil presentase penilaian sebesar 84%, ahli media 2 dengan hasil presentase penilaian sebesar 90%, dan ahli materi dengan hasil presentase penilaian sebesar 87%, keseluruhan hasil presentase penilaian dari para ahli tersebut mendapatkan kategori validasi “Sangat Baik”. Sementara pada respon guru, peneliti mendapatkan presentase penilaian sebesar 86% dan pada respon siswa menedapatkan presentase penilaian sebesar 84%, dan keduanya mendapatkan kategori validasi “Sangat Baik”. 2. Hasil implementasi pre-test dan post-test terhadap multimedia pembelajaran video interaktif yang telah dikembangkan peneliti pada peserta didik kelas IX A yang berjumlah 30 siswa. Peneliti mendapatkan presentase penilaian pre-test sebesar 60% dan post-test sebesar 87%, dan dengan hasil Sig. (2-tailed) paired sample t-test sebesar 0,000 dimana hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang dignifikan terhadap hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Multimedia Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Adobe Premier Pro & Sparkol Video Scribe Dengan Pendekatan Komunikatif Pada Pembelajaran Bahasa Arab di MBS Yogyakarta efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhamaad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: video interaktif; multimedia; Pembelajaran Bahasa Arab; hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2023 10:36
Last Modified: 07 Jul 2023 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59632

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum