PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK MENSTIMULASI ANAK USIA DINI MENGENAL KEARIFAN LOKAL BERBASIS BUDAYA YOGYAKARTA

Muhakkamah M. Ahdad, NIM.: 21204031002 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK MENSTIMULASI ANAK USIA DINI MENGENAL KEARIFAN LOKAL BERBASIS BUDAYA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK MENSTIMULASI ANAK USIA DINI MENGENAL KEARIFAN LOKAL BERBASIS BUDAYA YOGYAKARTA)
21204031002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK MENSTIMULASI ANAK USIA DINI MENGENAL KEARIFAN LOKAL BERBASIS BUDAYA YOGYAKARTA)
21204031002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masuknya budaya asing ke Indonesia tanpa adanya penyaringan yang mulai menggantikan budaya lokal. Anak usia dini merupakan generasi emas dan generasi penerus bangsa yang mana seharusnya budaya maupun nilai-nilai luhur harus ditanamkan. Namun, dalam proses pembelajaran tingkat PAUD masih kurangnya media berbasis budaya untuk menstimulus anak mengenal kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengembangan pembelajaran budaya Yogyakarta untuk anak usia dini dan mengembangkan media pembelajaran busy book untuk menstimulasi anak mengenal kearifan lokal berbasis budaya Yogyakarta yang bersifat valid/layak. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2022-April 2023. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas B RA Insan Mulia Bantul yang berjumlah 28 responden. Media yang telah dikembangkan dilakukan pengujian kelayakan oleh tiga validator yaitu ahli media, ahli materi/isi dan ahli budaya. Selanjutnya uji coba kelayakan kepada responden, kemudian evaluasi media dengan menyebarkan angket kepada pendidik. Hasil penelitian menunjukkan: rancangan model pengembangan pembelajaran berbasis budaya Yogyakarta RA Insan Mulia Bantul diantaranya: (1) identifikasi budaya lokal. (2) merancang program pembelajaran. (3) pembelajaran kolaborasi. (4) evaluasi program pembelajaran. Tahapan pengembangan media busy book yang telah dilakukan peneliti, diperoleh hasil penilaian kelayakan validator ahli media yaitu 36 dari skor ideal 40 dengan presentase 90% (sangat layak), hasil penilaian kelayakan validator ahli materi/isi yaitu 38 dari skor ideal 40 dengan presentase 95% (sangat layak) dan hasil penilaian kelayakan validator budaya yaitu 35 dari skor ideal 40 dengan presentase 88% (layak). Pada tahap implementasi diperoleh hasil penilaian respon peserta didik berdasarkan angket pendidik ujicoba produk yaitu 13 dari skor ideal 14 dengan presentase 85% (layak).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Suyadi, M.A
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; media Busy Book; budaya Yogyakarta; anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2023 10:40
Last Modified: 07 Jul 2023 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum