PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SAINS DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA AL-FURQON YOGYAKARTA

Desi Farijah, NIM.: 21204031007 (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SAINS DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA AL-FURQON YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SAINS DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA AL-FURQON YOGYAKARTA)
21204031007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SAINS DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA AL-FURQON YOGYAKARTA)
21204031007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasa naturalis pada anak usia dini sangat penting diransang sejak dini, kecerdasan naturalis ini berkaitan pada perkembangan anak dalam mencintai alam semesta, menunjukkan kepekaan terhadap fenomena alam, menunjukkan minat yang besar pada flora dan fauna, menjaga dan merawat lingkungan sekitar, serta menunjukkan kepedulian mengenai pencemaran lingkungandan fenomena alam lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan bagaimana kecerdasan naturalis pada anak usia dini diransang dengan pembelajaran sains, Mengenalkan berbagai peristiwa alam, menemukan implikasi atas implementasi pembelajaran sains dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini di TK ABA Al-Furqon Nitikan. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif analisis. Sumber data primer diperoleh dari sekolah, pendidik dan peserta didik di TK ABA Al-Furqon. Sedangkan sumber data skunder diperoleh melalui hasil penelitian berbagai jurnal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dan implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode sains berupa mengadakan kegiatan bercocok tanam, kegiatan fieldtrip dan outbond dapat mengembangkan kecerdasan naturalis peserta didik diantaranya: Peserta didik memahami bagaimana hidup dan berkembang tumbuhan dan hewan yang ditemui. 2) Peserta didik mampu menggolongkan dan mengkategorikan spesies yang ditemui, peserta didik mampu melihat perbedaan antara hewan dan tumbuhan, hewan yang satu dengan hewan yang lainnya, maupun tumbuhan satu dengan tumbuhan lainnya. 3) Menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan sekitar untuk menjaga kebersihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Suyadi, M.A
Uncontrolled Keywords: metode sains; kecerdasan naturalis; anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Sains
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2023 10:55
Last Modified: 07 Jul 2023 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59634

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum