LEMBAGA FILANTROPI ISLAM: DALAM AKTUALISASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT POLEWALI MANDAR (STUDI KASUS BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN POLEWALI MANDAR)

Wahdania, NIM.: 17107020046 (2023) LEMBAGA FILANTROPI ISLAM: DALAM AKTUALISASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT POLEWALI MANDAR (STUDI KASUS BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN POLEWALI MANDAR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LEMBAGA FILANTROPI ISLAM: DALAM AKTUALISASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT POLEWALI MANDAR (STUDI KASUS BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN POLEWALI MANDAR))
17107020046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (LEMBAGA FILANTROPI ISLAM: DALAM AKTUALISASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT POLEWALI MANDAR (STUDI KASUS BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN POLEWALI MANDAR))
17107020046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hadirnya Badan Amil Zakat Nasional sebagai lembaga pengelola ZIS diharapkan mampu memberikan solusi serta membantu masyarakat dalam mengatasi kesenjangan yang ada, pengelolaan dana ZIS yang kini bukan hanya berfokus pada pemberian bantuan yang bersifat konsumtif tetapi juga dialokasian dalam bantuan produktif kepada mustahiq. Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional sebagai bentuk pengelolaan dana ZIS yang tidak langi bersifat kontemporer. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif yang menganalisis peran BAZNAS Kabupaten Polewali Mandar dalam aktualisasi pemberdayaaan masyarakat Polewali Mandar dengan teori pemberdayaan masyarakat yang terbagi menjadi 3 tahap yakni enabling, empowering dan protecting. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran BAZNAS Kabupaten Polewali Mandar sebagai lembaga filantropi dalam pembedayaan masyarakat dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Polewali Mandar dalam upaya pemberdayaan masyarakat diusung dalam 2 program lembaga diantaranya pemberdayaan dibidang ekonomi masyarakat dan bidang pendidikan. Dalam bidang ekonomi dilakukan dengan memberikan bantuan modal usaha kepada mustahik melalui program Polman Makmur yang telah memiliki usaha atau memiliki potensi berusaha. Bantuan tersebut dibagi dalam dua bentuk yaitu bantuan tunai (modal usaha) serta bantuan alat produktif yang menyokong perkembangan usaha mustahik seperti bantuan mesin kompresor, kompor gas, alat pertukangan dan bantuan renovasi tempat usaha. Bidang pendidikan (Program Polman Cerdas), BAZNAS Polewali Mandar memberikan bantuan berupa beasiswa pembayaran SPP (biaya pendidikan), biaya transportasi pendidikan serta bantuan alat tulis dan mushaf yang mendukung pembelajaran. Pada praktek pemberdayaan BAZNAS tersebut dianalisis dalam kacamata teori pemberdayaan menunjukkan bahwa pelaksanaannya hanya sampai pada tahap pertama pemberdayaan (enabling), juga dilihat dari pendistribusian bantuan yang diberikan masih bersifat materil. Belum adanya kegiatan lanjutan yang menjadi proses penting dalam pemberdayaan masyarakat yakni pengembangan dan penguatan atas potensi yang telah dimiliki serta tahap pengawasan atau pendampingan mustahik dalam pelaksanaan usahahal tersebut disebab oleh kurangnya dana dan sumber daya manusianya. Walaupun pada pelaksanaan program pemberdayaan di BAZNAS Kabupaten Polewali Mandar masih belum menjadi pemberdayaan yang sesuai dengan esensi pemberdayaan sosial yang sesungguhnya namun upaya tersebut menunjukkan eksistensi BAZNAS dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Yayan Suryana,S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Lembaga Filantropi; pemberdayaan masyarakat; BAZNAS Polman.
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Jul 2023 13:47
Last Modified: 06 Jul 2023 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59635

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum