PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI

Rodhotul Islamiah, NIM.: 21204031014 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI)
21204031014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI)
21204031014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Era sekarang banyaknya perilaku buruk yang terjadi dan banyaknya pergaulan bebas yang terjadi dilingkungan sekitar, dan sebagai anak usia dini merupakan seseorang yang cenderung meniru apapun yang dilihat ataupun dipelajari. Hal ini membuat pentingnya penanaman nilai agama dan moral sejak dini. Pembelajaran disekolah juga merupakan salah satu langkah dalam penanaman nilai agama dan moral anak. Dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik membuat anak lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran dan bisa membuat anak lebih fokus dalam pembelajaran. Maka hadirlah media Pop-Up Book sebagai upaya untuk mempermudah dalam penyampaian pembelajaran dalam mengembangkan nilai agama dan moral yang akan diberikan oleh anak usia dini. Media ini berbentuk buku didalamnya terdapat gambar yang bisa timbul sehingga dapat menarik untuk pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE. Responden dalam penelitian ini adalan anak kelas B dari lembaga TK ABA Sapen sebagai kelas kontrol dan TK Aisyiyah 20 Surakarta sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan pengukuran skala likert. Uji validitas produk menggunakan uji kelayakan dan uji efektivitas produk. Uji kelayakan menggunakan rumus pencarian NP. Sedangkan uji efektivitas produk menggunakan Uji Wilcoxon dan Uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan: pertama Media Pop-Up Book dikembangkan menggunakan model desain ADIIE yaitu analysis mencakup analisis kebutuhan, Design dilakukan dengan cara menentukan rancangan media baik bentuk, tema dalam cerita, dan penentuan karakter yang akan dimuat dalam media. Development dilakukan dengan pembuatan produk disesuaikan dengan hasil Design sehingga menjadi Pop-Up Book. Implementation dilakukan dengan penerapan media disekolah yang digunakan dalam pembelajaran oleh guru. Evaluation diilakukan dengan mengumpulkan dari kritik dan saran dari validator, penilaian guru dan respon anak. Kedua media pop-up book dikatakan layak atas penilaian dari ahli media dengan angka 100, penilaian ahli materi menunjukkan angka 100 respon guru dari kelas kontrol 100 dan kelas eksperimen 97,5. Ketiga media dikatakan efektif ditunjukkan dengan uji Mann Whitney mendapatkan hasil 0,00 yaitu kurang dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan antara sesudah dan sebelum diterapkannya media dengan rata-rata 42,95 untuk kelas eksperimen dan 10,13 untuk kelas kontrol maka kesimpulannya media efektif untuk mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hibana, S. Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: media; nilai agama; nilai moral; anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2023 13:33
Last Modified: 07 Jul 2023 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59637

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum