IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN RASULULLAH MENURUT ABD AL-FATTAH ABU GHUDDAH

LATHIFATIL MUTHI' - NIM. 03430259, (2011) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN RASULULLAH MENURUT ABD AL-FATTAH ABU GHUDDAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII B MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010 melalui implementasi Strategi Pembelajaran Rasulullah (SPR) menurut Abu Ghuddah dengan metode keteladan dan akhlak mulia, interaktif tanya jawab, dan peta konsep. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta semester 2 tahun ajaran 2009/2010. Intrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan lapangan, lembar observasi, soal pre test dan soal post test. Validasi intrumen dilakukan dengan meminta nasehat pada para pakar (expert judgment). Pembelajaran dengan menggunakan SPR merupakan pembelajaran dengan tiga tahap strategi penyampaian ilmu yaitu hikmah, mauidhoh hasanah dan mujadalah. Implementasinya dalam pembelajaran matematika adalah dengan menerapkan metode keteladan dan akhlak mulia, interaktif tanya jawab, dan peta konsep. Metode keteladan dan akhlak mulia diarahkan untuk membentuk karakter belajar siswa. Metode interaktif tanya jawab diimplementasikan untuk membangun konsep siswa agar meningkat pemahaman konsep matematikanya. Metode peta konsep diarahkan untuk memperkuat konsep yang sudah dipahami oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan SPR pemahaman konsep siswa kelas VII B MTs Nurul Ummah Kotadege Yogyakarta mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil pre test yaitu 36 pada siklus pertama dan 51,67 pada siklus kedua, dan rata-rata hasil post test 61,67 pada siklus pertama dan 65, 67 pada siklus kedua. Peningkatan persentase hasil post test siswa yang telah mencapai KKM yaitu 73,3 % pada siklus pertama dan 80 % pada siklus kedua. Lembar observasi pemahaman konsep siswa juga menunjukkan adanya peningkatan persentase siswa yang telah paham yaitu pada siklus pertama 13 % tergolong sangat baik, 26,67 % tergolong baik, 46,67% tergolong cukup dan 13,13 % tergolong kurang. Sedangkan pada siklus kedua, 13 % siswa tergolong sangat baik, 26,67 % tergolong baik, 53,33 % tergolong cukup dan 6,67 % tergolong kurang. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Rosnawati, S. Pd., M. Si. 2. Muqowim, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Rasulullah (SPR), pemahaman konsep.
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5964

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum