NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM KITAB “SHALAH AL-USRAH WA DAUR AL-ABAWAIN FI AL-TARBIYAH” DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI INDONESIA

Rifqi Humaida, NIM.: 21204031026 (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM KITAB “SHALAH AL-USRAH WA DAUR AL-ABAWAIN FI AL-TARBIYAH” DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI INDONESIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM KITAB “SHALAH AL-USRAH WA DAUR AL-ABAWAIN FI AL-TARBIYAH” DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI INDONESIA)
21204031026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM KITAB “SHALAH AL-USRAH WA DAUR AL-ABAWAIN FI AL-TARBIYAH” DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI INDONESIA)
21204031026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan terdekat dalam pendidikan anak yang paling mendasar dan esensial adalah keluarga. Keluarga sebagai lembaga pendidikan awal memiliki peran signifikan dalam membentuk kepribadian, dimensi sosial, dan sikap keagamaan anak. Anak dianggap sebagai aset yang sangat berharga bagi keluarga, negara, dan agama. Islam menawarkan berbagai macam panduan dan prinsip-prinsip yang jelas tentang bagaimana seharusnya keluarga dalam mendidik anak agar mereka tumbuh menjadi individu yang bertakwa dan bermanfaat bagi masyarakat melalui ajaran-ajaran dalam Al-Qur’an, Hadist dan pemikiran para tokoh-tokohnya. Berangkat dari fakta tersebut peneliti tertarik untuk menggali dan menganalisis nilai-nilai pendidikan anak usia dini dalam kitab “Shalah Al-Usrah Wa Daur Al-Abawain Fi Al-Tarbiyah” dan relevansinya terhadap pendidikan anak di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan anak dalam kitab “Shalah Al-Usrah Wa Daur Al-Abawain Fi Al-Tarbiyah” dan relevansinya terhadap pendidikan anak di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif content analysis terhadap kitab Shalah Al-Usrah Wa Daur Al-Abawain Fi Al-Tarbiyah. Penelitian dimulai dengan melakukan perencanaan, pengumpulan dan analisis data, tahap-tahap analisis dalam penelitian ini yaitu dekontekstualisasi, rekontekstualisasi, kategorisasi, dan kompilasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) peran keluarga dan orang tua sangat penting dalam pendidikan anak. Aspek penting yang harus diperhatikan meliputi memberikan teladan, mengajarkan adat kebiasaan baik, mendampingi dalam proses belajar, mendoakan, memberikan nasihat, memilihkan lingkungan belajar yang kondusif, memperhatikan pemilihan teman sebaya berkualitas, dan menghindarkan pengaruh negatif. 2) nilai-nilai keimanan, ibadah, dan akhlak juga memiliki peran sentral. Keimanan sebagai aspek paling penting dalam kehidupan beragama perlu diajarkan sejak dini, diikuti dengan pengenalan pada ibadah, khususnya shalat. Pendidikan akhlak yang berkualitas penting dalam pendidikan keluarga. 3) dengan mempertimbangkan konteks keluarga di Indonesia, nilai-nilai pendidikan dari kitab Shalah Al-Usrah Wa Daur Al-Abawain Fi Al-Tarbiyah relevan dengan pendidikan di Indonesia karena memiliki beberapa titik temu. Pertama, Indonesia dengan mayoritas penduduknya beragama Islam tentu menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dalam pendidikan. Kedua, pentingnya pendidikan dalam keluarga khususnya orang tua sama-sama menjadi titik tekan baik dalam sistem pendidikan di Indonesia yang menjadikan pendidikan keluarga sebagai salah satu dari tri pusat pendidikan. Ketiga, keseimbangan antara tujuan pendidikan dan kebutuhan anak dengan mempertimbangkan karakteristik anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rohinah, M.A
Uncontrolled Keywords: peran keluarga; pendidikan anak; pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2023 13:46
Last Modified: 07 Jul 2023 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59640

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum