PENGUATAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI (Studi Kasus: TK Tahfiz Qolbun Salim Kabupaten Kampar Provinsi Riau)

Nadha Mustika, NIM.: 21204031033 (2023) PENGUATAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI (Studi Kasus: TK Tahfiz Qolbun Salim Kabupaten Kampar Provinsi Riau). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGUATAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI (Studi Kasus: TK Tahfiz Qolbun Salim Kabupaten Kampar Provinsi Riau))
21204031033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGUATAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI (Studi Kasus: TK Tahfiz Qolbun Salim Kabupaten Kampar Provinsi Riau))
21204031033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Era globalisasi saat ini di Indonesia mengalami masalah yang cukup besar mengenai pembentukan karakter. Di mana banyak pelanggaran yang terjadi terhadap norma-norma yang dilakukan anak bangsa karena kurangnya karakter yang dimiliki oleh seseorang dalam diri. Maka dari itu dalam penelitian ini ingin menjelaskan, menganalisa dan menemukan hasil mengenai penguatan nilai agama dan moral dalam pembentukan karakter anak usia dini di TK Tahfiz Qolbun Salim Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari kepala sekolah, stakeholder, para pendidik, dan anak didik di TK Tahfiz Qolbun Salim Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Sumber data sekunder diperoleh melalui media elektronik, dan berbagai hasil penelitian di berbagai jurnal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pembentukan karakter tanggung jawab yang diimplementasikan di TK Tahfiz Qolbun Salim Kabupaten Kampar Provinsi Riau berupa kegiatan menaruh perlengkapan sekolah pada tempatnya, membuang sampah sampah pada tempatnya membersihkan atau mencuci tempat makanan yang digunakan anak dan memelihara tanaman yang ada di sekolah tersebut. 2) Penguatan nilai agama dan moral dapat membentuk karakter anak melalui keteladanan dan pembiasaan yang dilakukan x setiap hari. 3) anak: a) Melakukan tugas belajar dengan rutin tanpa harus diberitahu; b) dapat menjelaskan alasan atas pembelajaran yang dilakukan; c) tidak menyalahkan orang lain; d) melakukan tugas dengan senang hati; e) mempunyai minat yang kuat untuk menekuni dalam belajar; f) menghormati dan menghargai aturan sekolah; g) dapat fokus dalam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Suyadi, M.A
Uncontrolled Keywords: nilai agama; moral; karakter tanggung jawab; anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2023 13:48
Last Modified: 07 Jul 2023 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59641

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum