STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (CASE STUDY: DI PLAYGROUP-KINDERGARTEN GLOBAL ISLAMIC SCHOOL 3 YOGYAKARTA)

Fifi Elvia, NIM.: 21204031034 (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (CASE STUDY: DI PLAYGROUP-KINDERGARTEN GLOBAL ISLAMIC SCHOOL 3 YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (CASE STUDY: DI PLAYGROUP-KINDERGARTEN GLOBAL ISLAMIC SCHOOL 3 YOGYAKARTA))
21204031034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (CASE STUDY: DI PLAYGROUP-KINDERGARTEN GLOBAL ISLAMIC SCHOOL 3 YOGYAKARTA))
21204031034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan kompetensi bahasa Inggris pada anak sejak dini penting dilakukan, mengingat bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional yang harus dikuasai di era globalisasi saat ini. Pengajaran bahasa Inggris pada anak usia dini dibutuhkan strategi yang tepat dan sesuai dengan usia anak. Penelitian ini dilakukan untuk: 1) Menjelaskan pengembangan kompetensi bahasa Inggris anak usia dini di Playgroup-Kindergarten Global Islamic School 3 Yogyakarta; 2) Menganalisis bahwa pentingnya berbagai strategi di implementasikan dalam pengembangan kompetensi bahasa Inggris anak usia dini di Playgroup-Kindergarten Global Islamic School 3 Yogyakarta; 3) Menemukan implikasi atas implementasi berbagai strategi pengembangan kompetensi bahasa Inggris anak usia dini di Playgroup-Kindergarten Global Islamic School 3 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari kepala sekolah, para guru, orang tua wali murid dan anak didik di Playgroup-Kindergarten Global Islamic School 3 Yogyakarta. Sumber data sekunder diperoleh melalui media elektronik dan hasil penelitian di berbagai jurnal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan kompetensi bahasa Inggris di Playgroup-Kindergarten Global Islamic School 3 Yogyakarta berupa; English Clasroom Instruction, English Second Language, I Speak English, program bahasa Inggri melalui event dan program ekstrakurikuler. 2) Pentingnya berbagai strategi karena anak usia dini memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, daya konsentrasi anak yang rendah, serta pembelajaran yang harus menarik dan menyenangkan agar meningkatkan minat belajar anak. 3) Anak; a) mampu Repeat dalam Bahasa Inggris; b) mengetahui banyak kosa kata bahasa Inggris; c) mampu Memahami Intruksi; d) lancar dalam membaca kalimat sederhana; e) mampu Presentasi dalam bahasa Inggris; f) mampu Menulis Vocab Bahasa Inggris Sederhana; g) meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Na‘imah, M.Hum
Uncontrolled Keywords: kompetensi bahasa Inggris; anak usia dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2023 13:56
Last Modified: 07 Jul 2023 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59642

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum