PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEWUJUDKAN PAUD BERKUALITAS (Case Study: TK Surya Ceria Aisyiyah Karanganyar)

Nur Istiana Makarau, NIM.: 21204031035 (2023) PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEWUJUDKAN PAUD BERKUALITAS (Case Study: TK Surya Ceria Aisyiyah Karanganyar). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEWUJUDKAN PAUD BERKUALITAS (Case Study: TK Surya Ceria Aisyiyah Karanganyar))
21204031035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEWUJUDKAN PAUD BERKUALITAS (Case Study: TK Surya Ceria Aisyiyah Karanganyar))
21204031035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwasanya kompetensi profesional guru belum sepenuhnya sesuai dengan standar pendidikan nasional. Guru belum mampu menyesuaikan bahan ajar dengan konsep merdeka belajar dalam implementasi kurikulum merdeka. TK Surya Ceria Aisyiyah Karanganyar memiliki beberapa strategi peningkatan kompetensi profesional guru melalui program pengembangan profesional guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dan implikasi peningkatan kompetensi profesional guru dalam implementasi kurikulum merdeka untuk mewujudkan PAUD berkualitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian diperoleh dari data tertulis maupun lisan yang dianalisis kemudian dideskripsikan terkait peningkatan kompetensi profesional guru dalam implementasi kurikulum merdeka untuk mewujudkan PAUD berkualitas. Prosedur pengambilan data melalui data primer yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi serta data sekunder dari buku maupun artikel jurnal. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi profesional guru didapatkan dari program pengembangan profesional guru diantaranya in house training, Kelompok Kerja Guru (KKG), Focus Group Discussion (FGD), workshop, seminar/webinar, EPRO SCA (evaluasi program), dan study banding. Kompetensi profesional guru dalam implementasi kurikulum merdeka masih dalam proses penyesuain kegiatan intrakurikuler berbasis Project Based Learning (PBL), pemanfaatan loose parts dan buku cerita pada kegiatan pemantik. Guru memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pengembangan diri dan peserta didik. Guru juga berperan penting pada kegiatan kokurikuler melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) untuk meningkatkan soft skill dan karakter xi peserta didik. Implikasinya terhadap PAUD berkualitas pada elemen kualitas proses pembelajaran adalah guru mampu merencanakan pembelajaran yang efektif, menggunakan pendekatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan anak usia dini, muatan pembelajaran selaras dengan kurikulum, dan melakukan asesmen pembelajaran berkualitas

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Hibana, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: kompetensi profesional guru; kurikulum merdeka; PAUD
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2023 13:58
Last Modified: 07 Jul 2023 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59643

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum