MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA MELALUI BERMAIN PERAN (Studi Kasus: Kelompok B TK Finland Preschool, Medan)

Nuraini, NIM.: 21204031037 (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA MELALUI BERMAIN PERAN (Studi Kasus: Kelompok B TK Finland Preschool, Medan). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA MELALUI BERMAIN PERAN (Studi Kasus: Kelompok B TK Finland Preschool, Medan))
21204031037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA MELALUI BERMAIN PERAN (Studi Kasus: Kelompok B TK Finland Preschool, Medan))
21204031037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Human Development Index atau yang biasa disebut dengan pengembangan manusia mengatakan bahwa negara Indonesia merupakan negara yang berkembang. Hal ini dibuktikan dengan remehnya pandangan masyarakat terhadap nilai pendidikan dan untuk memperbaiki status negara ini di masa depan, diperlukan generasi unggul sebagai penerus negara dikemudian hari nanti. Maka dari itu anak usia dini menjadi peran utama dalam mengubah status Negara dari berkembang menjadi maju. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi, menganalisis serta menemukan hasil mengenai meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dengan menggunakan metode bercerita melalui bermain peran pada kelompok B TK Finland Preschool, Medan Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang menggunakan data primer dan sekunder. Sumber data primer pada penelitian ini diperoleh secara langsung dari kepala sekolah selaku pengelola dan guru kelas kelompok B. Sedangkan sumber data sekunder ini diperoleh melalui wakil kepala sekolah berbentuk dokumen sekolah serta penelitian dari berbagai jurnal. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Uji keabsahaan data dilakukan melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa: 1). Perkembangan kemampuan kognitif anak di sekolah TK Finland Preschool dikembangkan melalui kegiatan atau aktivitas yang mengandung nilai kecerdasan sehingga menjadi ix langkah utama dalam meningkatkan daya fikir anak sesuai dengan tujuan pencapaian perkembangan 2). Setiap tahapan kegiatan yang dilaksanakan dalam metode bercerita melalui bermain peran oleh guru dapat meningkatkan perkembangan kemampuan kognitif anak. Hal ini terlihat dari terbentuknya karakteristik kemampuan kognitif anak kelompok B di sekolah TK Finland Prechool 3). Kegiatan metode bercerita melalui bermain peran sangat berpengaruh positif terhadap perkembangan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Finland Preschool. Hal itu terlihat dari indicator capaian perkembangan anak dapat belajar menyelesaikan masalah, berfikir logis dan simbolik sesuai dengan lingkup perkembangan kognitif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif; metode bercerita; bermain peran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2023 14:00
Last Modified: 07 Jul 2023 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59655

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum