PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUDIOVISUAL POWTOON UNTUK MENSTIMULASI MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR

Naila Husna Ramadhana, NIM.: 21204081009 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUDIOVISUAL POWTOON UNTUK MENSTIMULASI MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUDIOVISUAL POWTOON UNTUK MENSTIMULASI MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR)
21204081009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUDIOVISUAL POWTOON UNTUK MENSTIMULASI MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR)
21204081009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya minat serta motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika serta tidak adanya kesadaran dan kreativitas pendidik untuk memberikan media yang interaktif. Berdasarkan analisis peneliti pembelajaran matematika dianggap memiliki peminat yang rendah, hasil belajar yang menduduki peringkat bawah, serta metode mengajar yang kurang menarik perhatian peserta didik.Sehingga peserta didik kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika karena didasari oleh media pembelajaran yang kurang kreativ. Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) menghasilkan media pembelajaran matematika berupa media audiovisual, 2) menguji kelayakan media pembelajaran matematika berbasis audiovisual Powtoon, 3) Mengukur minat dan motivasi Peserta terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development menggunakan model ADDIE. 1) Analysis, merupajan tahaan awal yaitu melakukan analisis kerja, analisis kebutuhan peserta didik, dan analisis kurikulum. 2) Design, menyusun draft media menggunakan Powtoon serta penyususnan draft instrumen. 3) development, kegiatan pengembangan produk yaitu proses penyempurnaan produk, dan juga penilaian yang diujikan kepada ahli media dan ahli materi. 4) Implementation, menerapkan media audiovisual Powtoon kepada peserta didik. 5) Evaluation, hasil keseluruhan dari pengembangan produk, penerapan dan minat serta motivasi peserta didik. Subjek penelitian kelas IV dengan jumlah 25 peserta didik. Uji validasi berjumlah 2 dosen yaitu dosen ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Media pembelajaran matematika berbais audiovisual Powtoon dikemas dalam bentuk video animasi yang terdiri dari materi tentang pecahan serta contoh pembahasan soal. 2) Media Audiovisual Powtoon yang dikembangkan dinilai layak untuk digunakan sebagai salah satu media alternatif untuk pembelajaran matematika berdasarkan penilaian oleh ahli materi sebesar 94%, ahli media sebesar 73,75%, respon pendidik 91,6% dan respon peserta didik sebesar 94,4%. 3) Media pembelajaran matematika berbasis audiovisual Powtoon ini dapat menstimulasi minat dan motivasi peserta didik dengan dibuktikannya dari uji paired sample yang diperoleh hasil dari minat yaitu nilai sig.2 sebesar 0,000<0,05 dan hasil uji paired dari motivasi yaitu nilai sig.2 sebesar 0,000<0,05.Maka berarti ha diterima dan h0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh dari media audiovisual Powtoon terhadap minat dan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM
Uncontrolled Keywords: pengembangan media pembelajaran; audiovisual; minat; motivasi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:18
Last Modified: 10 Jul 2023 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59672

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum