PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS BAHASA ISYARAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TUNARUNGU PADA MATERI HURUF HIJAIYAH DI SDLB INSAN MULIA KOTA PAYAKUMBUH

Yesika Novita Rahmi, NIM.: 21204081020 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS BAHASA ISYARAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TUNARUNGU PADA MATERI HURUF HIJAIYAH DI SDLB INSAN MULIA KOTA PAYAKUMBUH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS BAHASA ISYARAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TUNARUNGU PADA MATERI HURUF HIJAIYAH DI SDLB INSAN MULIA KOTA PAYAKUMBUH)
21204081020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS BAHASA ISYARAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TUNARUNGU PADA MATERI HURUF HIJAIYAH DI SDLB INSAN MULIA KOTA PAYAKUMBUH)
21204081020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu 1) analisis 2) desain 3) pengembangan 4) implementasi 5) evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif deskriptif dengan skala likert. Penelitian ini dilaksanakan di SDLB Insan Mulia Kota Payakumbuh dengan subjek penelitian adalah 2 siswa tunarungu di kelas V. Hasil penelitian media yang dikembangkan mendapatkan skor validasi dari ahli materi sebesar 93% yang dikategorikan sangat layak, untuk hasil validasi media dalam pengembangan media video berbasis bahasa isyarat mendapatkan nilai persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi bahasa isyarat mendapatkan nilai persentase 87% dengan kategori sangat layak. Angket guru terhadap media yang dikembangkan mendapat skor sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media yang dikembangkan mendapatkan pengaruh positif sebesar 36,5. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pengembangan media video berbasis bahasa isyarat pada materi huruf hijaiyah yang diterapkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dikuatkan lagi dengan adanya teori belajar behavioristik yang mengatakan jika apa yang diberikan guru dan apa yang diterima siswa dapat diamati dan diukur. Sehingga, perlu adanya peningkatan indera penglihatan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar pada materi huruf hijaiyah, salah satunya adalah media video berbasis bahasa isyarat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigit Prasetyo, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: video; bahasa isyarat; huruf hijaiyah; hasil belajar
Subjects: DISABILITAS
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:26
Last Modified: 10 Jul 2023 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59682

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum