PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PECAHAN KALIBATAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Putri Puspitasari, NIM.: 21204081022 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PECAHAN KALIBATAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PECAHAN KALIBATAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR)
21204081022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PECAHAN KALIBATAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR)
21204081022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media, menguji kelayakan media, serta mengukur minat dan hasil belajar peserta didik menggunakan media papan pecahan Kalibataku yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu 1) analisis 2) desain 3) pengembangan 4) implementasi 5) evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan skala likert, uji validitas, uji normalitas dan uji n-gain. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 13 Tempilang Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat dengan subjek penelitian 7 peserta didik kelas V. Hasil penelitian media yang dikembangkan mendapatkan skor kelayakan validasi dari ahli materi sebesar 80% yang dikategorikan layak, dan hasil validasi madia dalam pengembangan media papan pecahan kalibataku mendapatkan nilai persentase sebesar 88% dengan kategori sangat layak. Respon guru terhadap media yang dikembangkan mendapat skor sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Uji normalitas hasil belajar sebelum menggunakan media mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,086 dan mendapatkan nilai signifikansi setelah menggunakan media sebesar 0,307. Berdasarkan data hasil belajar pretest dan posttest peserta didik berdistribusi normal dengan hasil signifikansi 0,086 > 0,05 dan 0,307 > 0,05. Uji N-gain hasil belajar diketahui rata-rata keseluruhan dari memperoleh nilai Gain Persen sebesar 76,82 maka mendapatkan kategori sangat tinggi. Perolehan angket minat belajar mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata - rata hasil minat belajar peserta didik dalam penggunaan media papan pecahan kalibataku pada kelas V. Nilai rata-rata minat sebelum menggunakan media yang dikembangkan sebesar 29,86 dan minat setelah menggunakan media sebesar 71,00. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pengembangan media papan pecahan Kalibataku kelas V sekolah dasar layak digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan minat dan hasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M. Si.
Uncontrolled Keywords: media matematika; minat belajar; hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:28
Last Modified: 10 Jul 2023 08:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59684

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum