IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI GURU dan KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V MI AL-HUDA KABUPATEN SLEMAN

Rahmad Ilahi, NIM.: 21204081037 (2023) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI GURU dan KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V MI AL-HUDA KABUPATEN SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI GURU dan KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V MI AL-HUDA KABUPATEN SLEMAN)
21204081037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI GURU dan KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V MI AL-HUDA KABUPATEN SLEMAN)
21204081037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang Masalah penelitian ini adalah kemampuan berfikir kritis siswa masih sangat rendah. Hal ini terlihat ketika guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk menghubungkan materi yang diajarkan dengan fenomena yang sedang ada pada saat ini. Peserta didik terlihat kesulitan dalam memberikan pendapat dan kesimpulan berdasarkan pemikirannya sendiri. Keterampilan berpikir kritis yang rendah juga terlihat ketika peserta didik masih bingung dalam menentukan permasalahan yang diberikan guru. Jenis penelitian yang digunakan yaitu mix method dengan desain sequential exploratory. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah soal, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sedangkan analisis data kuantitatif dengan cara statistik deskriptif dan statistik parametris. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan yakni : 1) Untuk mengaplikasikan model PBL harus diciptakan dulu suasana pembelajaran yang kondusif agar langkah-langkah dalam model PBL bisa dilaksanakan dengn baik. 2) Setidaknya ada beberapa indikator keterampilan komunikasi guru yaitu, vokal suara yang jelas, menguasai bahan yang di ajarkan, penampilan yang bagus dan penguasaan bahasa yang baik. Keterampilan komunikasi guru tentu sangat penting diperhatikan oleh para majelis guru.3) Ada pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI AL Huda berdasarkan hasil rata-rata gain untuk kelas eksprimen sebesar 0,59 dan kelas kontrol 0,20. Uji manova nilai signifikansi 0,00 nilai tersebut jauh lebih kecil dari 0,05 atau (0,00 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa semakin sering digunakan model PBL dalam proses pembelajaran maka akan semakin tinggi pula kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Istiningsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model PBL; komunikasi guru; kemampuan berpikir kritis siswa; sekolah dasar
Subjects: Komunikasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:42
Last Modified: 10 Jul 2023 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59698

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum