MANAJEMEN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA PASCA COVID-19 STUDY DI MI AL-ISLAMIYAH ATAMBUA

Rizal Hidayat, NIM.: 21204091013 (2023) MANAJEMEN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA PASCA COVID-19 STUDY DI MI AL-ISLAMIYAH ATAMBUA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA PASCA COVID-19 STUDY DI MI AL-ISLAMIYAH ATAMBUA)
21204091013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA PASCA COVID-19 STUDY DI MI AL-ISLAMIYAH ATAMBUA)
21204091013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan perkembangan literasi siswa di MI Al-Islamiyah Atambua. Inti permasalahan yaitu adalah siswa yang tidak bisa membaca selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Hal ini disebabkan oleh proses belajar mengajar yang terjadi selama masa covid berlangsung, yakni peralihan pembelajaran dari offline (luar jaringan) menjadi online (dalam jaringan). Selama masa pembelajaran online masalah literasi siswa tidak terdeteksi karena keterbatasan ruang dan waktu pertemuan, begitu juga dengan pengawasan guru terhadap siswa yang tidak bisa semaksimal dibandingkan pembelajaran offline, dari kondisi dibuatlah program literasi untuk mengatasi kembali kemampuan baca siswa. Tujuan dari penelitian ini 1) melihat manajemen yang dilakukan madrasah dalam menangani siswa yang terkendala literasi, 2) melihat bagaimana perhatian sekolah pada siswa yang terkendala literasi, 3) mengetahui sebab terjadinya kendala literasi pada siswa MI Al-Islamiyah Atambua. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan yakni pendekatan heuristik. Fokus kajian pada pendekatan heurisic memusatkan perhatian pada permasalahan utama tentang bagaimanakah pengalaman setiap person dalam berbagai fenomena sehingga memberikan makan baru bagi peneliti. Sumber data pada penelitian diambil dari subyek penelitian yaitu: kepala sekolah, guru pembimbing literasi, dan guru pendamping program literasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ialah, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) sebab tidak bisa membacanya siswa datang dari dua aspek yaitu lingkungan dan orang tua. Selama masa covid aspek lingkungan dan orang tua memberi pengaruh yang cukup besar karena sehingga apalabila hal tersebut tidak ditangani secara baik dan benar, maka yang tejadi adalah dampak yang negatif akibat situasi belajar yang tidak kondusif seperti pada pembelajarn offline. 2) madrasah menerapkan fungsi manajemen dalam pelaksanaan kegiatan literasi agar dapat memberikan hasil maksimal pada perkembangan literasi siswa baik itu a) perencanaan, mendata dan menyusun program, b) pengorganisasian menyiapkan sumberdaya manusia serta sumberdaya finansial dan lainnya, c) pelaksanaan proses berjalannya kegian, d) pengawasan arahan dan evaluasi dari stakeholder yang ada. 3) Sekolah memastikan bahwa anak-anak yang tidak bisa membaca atau memiliki kendala pada literasi dapat diatasi secara baik. Diantara cara untuk mengatasinya adalah menjadikan program literasi sebagai program khusus dalam menangani literasi yang terkendala. Jika siswa tersebut dapat mengenal huruf atau membaca ditangani lebih cepat, maka pendampingan berjalan tanpa memiliki kesulitan yang berarti.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Sumedi., M.Ag
Uncontrolled Keywords: manajemen; madrasah; literasi; Covid19
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jul 2023 10:39
Last Modified: 10 Jul 2023 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59715

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum