MANAJEMEN KERJA SAMA LEMBAGA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (PTKI) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAAN MITRA EKSTERNAL DI FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Kgs. M. Roihan Adnan, NIM.: 21204091016 (2023) MANAJEMEN KERJA SAMA LEMBAGA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (PTKI) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAAN MITRA EKSTERNAL DI FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KERJA SAMA LEMBAGA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (PTKI) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAAN MITRA EKSTERNAL DI FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
21204091016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KERJA SAMA LEMBAGA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (PTKI) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAAN MITRA EKSTERNAL DI FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
21204091016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang kesulitan dalam menerapkan kebijakan MBKM. Inti permasalahannya ialah kesulitan dalam membangun kerja sama dengan PTKI lain yang akreditasinya lebih tinggi, terutama di PTKIS. Hal ini disebabkan oleh letak geografis kampus, mutu sumber daya yang ada, kondisi perekonomian dan sarana pendukung dan aspek lainnya. Tujuan penelitian ini ialah: 1) memaparkan program bidang kerja sama FITK UIN Sunan Kalijaga dalam implementasi kerja sama dengan PTKI eksternal; 2) memaparkan manajemen kerja sama lembaga PTKI eksternal di FITK UIN Sunan Kalijaga; dan 3) memaparkan strategi dalam meningkatkan kepuasan mitra kerja sama lembaga PTKI eksternal di FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jenis dan pendekatan penelitian ini ialah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari subjek penelitian yaitu Kepala Bagian Kerjasama dan Kelembagaan, Wakil Dekan II, Ketua PSMF-ITK, Ketua atau Sekretaris Program Studi di FITK. Objek penelitian ialah Manajemen kerja sama di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi data (observasi, wawancara dan dokumentasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program kerja sama yang telah dilaksanakan FITK UIN Sunan Kalijaga dengan PTKI eksternal di tahun 2020 – 2022 yaitu kurang lebih 35 program di bidang akademik; 2) Manjemen kerja sama lembaga PTKI eksternal di FITK UIN Sunan Kalijaga, baik manajemen perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan sudah dilakukan dengan sangat baik. Akan tetapi manajemen pengawasan, survey kepuasan masih belum diterapkan secara keseluruhan; 3) Tiga strategi FITK UIN Sunan Kalijaga dalam meningkatkan kepuasan mitra PTKI eksternal yaitu mewujudkan dengan program kerja sama, memberikan sumber daya terbaik dan memberikan respon positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: manajemen; kerja sama; kepuasan mitra
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jul 2023 15:32
Last Modified: 10 Jul 2023 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59727

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum