STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON-AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMAIT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Rifdah Hasan Parinduri, NIM.: 21204091020 (2023) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON-AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMAIT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON-AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMAIT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
21204091020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON-AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMAIT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
21204091020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta yang berfokus pada strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik dengan tujuan untuk: 1) Menganalisis implementasi strategi kepemimpinan sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta, 2) Menganalisis implikasi strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta, 3) Menganalisis kunci keberhasilan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah analisis kritis yang akan menjabarkan mengenai suatu permasalahan atau keunikan yang akan diteliti. Dengan melakukan analisis kritis, maka akan diperoleh analisis berupa kata-kata, gambar serta perilaku, yang kemudian akan dipaparkan dalam bentuk uraian naratif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian setelah itu data yang didapatkan akan dianalisis. Dalam penelitian ini yang dijadikan narasumber diantaranya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan wali kelas. Data diverifikasi menggunakan triangulasi untuk keabsahan data, kemudian data dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan tahap terakhir dengan melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terkait strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta adalah: 1) Implementasi strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, 2) Implikasi strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik yang berjalan baik, terbukti dengan capaian-capaian prestasi siswa dari tingkat sekolah maupun nasional, 3) Kunci keberhasilan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik diantaranya karena: Komunikasi, Kedisiplinan, Mendengar dan Berbenah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepemimpinan, Peserta didik, Prestasi Akademik dan Non-Akademik.
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:48
Last Modified: 11 Jul 2023 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59749

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum