IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SOFT SKILL MAHASISWA DI PRODI S1 MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Dicky Artanto, NIM.: 21204091012 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SOFT SKILL MAHASISWA DI PRODI S1 MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SOFT SKILL MAHASISWA DI PRODI S1 MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)
21204091012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SOFT SKILL MAHASISWA DI PRODI S1 MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)
21204091012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum Merdeka Kampus Merdeka digulirkan sebagai terobosan dalam menjawab kebutuhan perkembangan pendidikan di Indonesia untuk mewujudkan cita – cita lahirnya SDM Unggul. Kurikulum ini diterapkan sejak dimunculkannya peraturan menetri pendidikan pada Tahun 2020. Bagi lembaga pendidikan adanya kebijakan baru kurikulum merdeka menjadi sebuah tantangan baru dalam meberikan pendidikan yang terbaik bagi peserta didiknya. Bagi perguruan tinggi kurikulum ini sebagai upaya untuk memberikan kebebasan pada para mahasiswa dalam mengeksplorasi materi perkuliahan dengan adanya kegiatan akademik yang dapat dilakukan diluar kampus. Sehingga bagi Prodi Manajemen Pendidikan UNY dengan adanya kurikulum merdeka maka lulusan yang ingin dicapai ialah lulusan yang memiliki skill yang kuat sebagai dasar penguat bagi bidang keilmuwan yang ditekuninya. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian dengan menggunakan teknik studi kasus dengan metodologi penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari: Kaprodi S1 Manajemen Pendidikan FIP UNY, dua Dosen Manajemen Pendidikan FIP UNY, Lembaga Penjamin Mutu Prodi, dan Mahasiswa S1 Manajemen Pendidikan FIP UNY. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mengacu pada Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, dan Johnny Saldana yang terdiri dari kondensasi data, display data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dalam implementasi kurikulum merdeka UNY mengubah struktur kurikulum sehingga berdampak pada sebaran mata kuliah di setiap prodi, di prodi Manajemen Pendidikan UNY terdapat tiga bagian pengelolaan mata kuliah yakni mata kuliah yang dikelola oleh universitas, mata kuliah yang dikelola oleh fakultas, dan mata uliah yang dikeola oleh prodi. Dalam implementasi kurikulum MBKM di UNY khususnya prodi Manjemen Pendidikan menerapkan tiga pola 512, 611, dan 602, ketiga pola ini sebagai upaya agar memudahkan sekaligus memeberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan MBKM. Salah satu kegiatan MBKM yang digencarkan ialah Student Exchange dimana kegiatan ini dinilai mampu untuk meningkatkan kualitas soft skill mahasiswa diantaranya kemampuan komunikasi, kemampuan menyelesaikan masalah, kreativitas, kesadaran budaya lain, kepemimpinan,inovasi, dan kolaborasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Zainal Arifin, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum MBKM; student exchange; soft skill mahasiswa
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:55
Last Modified: 11 Jul 2023 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59753

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum