IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN UNTUK MENANAMKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH SUCEN 1 KRAKITAN KABUPATEN MAGELANG

Suryani Tri Astuti, NIM.: 16430048 (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN UNTUK MENANAMKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH SUCEN 1 KRAKITAN KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN UNTUK MENANAMKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH SUCEN 1 KRAKITAN KABUPATEN MAGELANG)
16430048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN UNTUK MENANAMKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH SUCEN 1 KRAKITAN KABUPATEN MAGELANG)
16430048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembiasaan adalah sebuah kegiatan yang dilakukan secara bertahap dan terus-menerus sehingga menjadi sebuah kebiasaan. Pembiasaan yang dilakukan di satuan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) perlu diarahkan dan dibiasakan secara terus-menerus untuk mengembangkan kecakapan kemampuan untuk menolong diri sendiri, disiplin dalam menaati aturan, serta dapat memperoleh keterampilan dasar yang berguna bagi kelangungan hidupnya, karena pada dasarnya kedisiplinan pada anak usia dini merupakan hasil dari pembiasaan-pembiasaan baik dialami oleh anak itu sendiri. Dalam menanamkan periaku disiplin pada anak usia dini, orang tua dan pendidik dapat melakukannya tanpa harus menghukumnya ketika anak melakukan kesalahan. Mengajarkan anak disiplin baik dalam lingkungan keluarga maupun sekolah akan menjadikan anak memiliki karakter yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembiasaan yang digunakan Bustanul ‘Athfal Aisyiyah Sucen 1 untuk menanamkan kedisiplinan pada anak usia dini dan untuk mengetahui macam-macam metode pembiasaan yang digunakan untuk menanamkan kedisiplinan pada anak usia dini di Bustanul ‘Athfal Aisyiyah Sucen 1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dimana Bustanul ‘Athfal Aisyiyah Sucen 1 sebagai tempat penelitian. Subjek dalam penelitian ini terdapat 4 sumber data, yaitu anak, kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua wali murid. Pengumpulan data diambil dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan, sedangkan untuk mengujiuji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil dari metode pembiasaan untuk menanamkan kedisiplinan pada anak usia dini di BA Aisyiyah Sucen 1 yaitu: 1) anak mampu berangkat ke sekolah tepat waktu, 2) anak mampu berbaris dengan rapi dan tertib, 3) anak mampu bertanggung jawab terhadap barang milik pribadi serta mampu menyimpan kembali mainan yang telah selesai digunakan, 4) anak mampu berdoa dengan sikap yang baik, dan 5) anak mampu tertib menunggu giliran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Zubaedah, S.Ag., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan; Disiplin; Anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:02
Last Modified: 11 Jul 2023 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59768

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum