ANALISIS YURIDIS TERHADAP MEREK MILIK PENDAFTAR PERTAMA (Studi Putusan Nomor 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst)

Ahmad Za'im Yunus, NIM.: 17103040062 (2023) ANALISIS YURIDIS TERHADAP MEREK MILIK PENDAFTAR PERTAMA (Studi Putusan Nomor 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS YURIDIS TERHADAP MEREK MILIK PENDAFTAR PERTAMA (Studi Putusan Nomor 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst))
17103040062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS YURIDIS TERHADAP MEREK MILIK PENDAFTAR PERTAMA (Studi Putusan Nomor 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst))
17103040062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis menegaskan bahwa perlindungan merek di Indonesia menggunakan sistem konstitutif (first to file). Digunakannya prinsip tersebut dalam regulasi perlindungan merek berarti siapa yang lebih dulu mendaftarkan mereknya adalah yang mendapatkan hak atas merek. Hal tersebut tidak terlepas dari bunyi Pasal 3 Undang-Undang Merek dan Indikasi Geografis yang secara tegas menyebutkan bahwa hak atas merek diperoleh seteleh merek tersebut terdaftar. Pada 2021 PT Terbit Financial Technology melayangkan gugatan ganti rugi kepada PT Aplikasi Karya Anak Bangsa yang dianggap menggunakan merek "GOTO" tanpa hak. Hal tesebut didasari dengan merek "GOTO" milik PT Terbit Financial Technology yang terldaftar lebih dulu dibanding merek "goto" milik PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Sengketa tersebut menemukan titik terang pada medio tahun 2022 dalam Putusan Nomor 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst. Hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat memutuskan bahwa Pengadilan Niaga Jakarta Pusat tidak berwenang memutus sengketa merek tersebut dan menghukum Penggugat (PT Terbit Financial Technology) untuk membayar biaya perkara. Metode penelitian yang digunakan oleh penyusun adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan yuridis normatif. Penelitian jenis ini menggunakan sumber bahan hukum berupa peraturan perundang-undangan, keputusan pengadilan, teori hukum, dan pendapat para sarjana. Pendekatan ini digunakan untuk membedah putusan dan pertimbangan hakim dalam Putusan Nomor 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst tentang kasus sengketa merek antara PT Terbit Financial Technology dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa untuk kemudian disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan, asas hukum, dan yurisprudensi yang ada. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat persamaan pada pokoknya antara merek "GOTO" milik PT Terbit Financial Technology dengan "goto" milik PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Namun, ditemukan bahwa hak eksklusif atas merek bersifat terbatas. Pertimbangan hakim terkait kewenangan absolut mengadili dalam Putusan Nomor 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst telah sesuai dengan UU Merek dan Indikasi Geografis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Annisa Dian Arini, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: merek; first to file; persamaan pada pokoknya; kekayaan intelektual
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:30
Last Modified: 12 Jul 2023 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59801

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum